Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengapa Kuliah di Malaysia? Ini 7 Alasannya

BeasiswaTalk - Pada tahun 2010, tercatat ada 80.000 lebih mahasiswa asing dari 100 negara lebih yang kuliah di Malaysia. Saat ini jumlah mahasiswa asing yang kuliah di Malaysia sudah lebih dari 100.000. Meskipun tidak sebesar di Amerika dan negara-negara Eropa, angka ini tentu menunjukkan bahwa kuliah di Malaysia menjadi salah satu tujuan favorit mahasiswa internasional
.
Mengapa Kuliah di Malaysia?

Lantas, apa saja keunggulan dan keuntungan kuliah di Malaysia? Berikut ulasannya;

1. Kualitas Perguruan Tinggi
Standar dan kualitas pendidikan Malaysia dimonitor dan diatur oleh Malaysian Qualifications Agency Act 2017 dan Privat Higher Education Institution Act 1996. Beberapa universitas luar negeri yang berasal dari Amerika, Inggris, Australia dan Selandia Baru yang bersedia bekerja sama dengan institusi-institusi pendidikan di Malaysia menunjukkan bahwa kualitas pendidikan Malaysia diakui secara internasional. Secara peringkat dan reputasi, Malaysia memiliki beberapa universitas yang berkualitas seperti Universiti Malaysia di nomor 27 Asia berdasarkan QS World Rangking University 2016, juga Islamic International University of Malaysia sebagai universitas Islam yang cukup populer di dunia.

2. Bahasa
Sekitar 85% proses penyampaian belajar di Malaysia menggunakan Bahasa Inggris. Mulai dari buku pegangan, penulisan essai, presentasi, seuanya dilakukan dengan bahasa Inggris. Kehadiran para mahasiswa internasional juga memungkinkan kamu untuk konsisten dalam mengasah kualitas bahasa Inggrismu. Jika kamu masih kesulitan dengan bahasa Inggris karena belum terbiasa, bahasa Melayu juga mempunyai kemiripan dengan Bahasa Indonesia sehingga memungkinkanmu untuk tidak mempunyai kendali apapun dalam segi bahasa.

3. Budaya
Selain etnis Melayu, penduduk Malaysia juga didominasi oleh etnis China dan India. Sehingga kultur kebudayaannya sedikit beragam. Berkumpulnya mahasiswa internasional juga memungiinkan kita untuk mengenal budaya negara-negara di dunia.

4. Biaya Hidup Murah
Bisa dikatakan biaya hidup di Malaysia lebih murah dibanding Indonesia. Kamu juga bisa menikmati masakan-masakan Indonesia yang dijual di beberapa lokasi dengan harga terjangkau. Masakan Malaysia pun mempunyai kemiripan, yang pasti cocok di lidah.

5. Dekat Dengan Indonesia
Homesick atau kangen rumah pasti menjadi satu hal yang pasti bakal terjadi jika kamu kuliah di luar negeri, bahkan di Indonesia sekalipun. Karena letaknya yang berdekatan dengan Indonesia, kesempatan untuk bisa berlibur ke tanah air sangat besar. Kamu tidak perlu bingung memikirkan biaya tiket pesawat yang mahal karena maskapai-maskapai regional banyak yang menawarkan tiket pesawat murah Indonesia-Malaysia.

6. Iklim
Malaysia merupakan negara yang terletak di daerah tropis. Sama seperti Indonesia, Malaysia juga hanya mempunyai dua musim, musim hujan dan musim kemarau. Suhu udaranya juga tidak berbeda jauh dari Indonesia. Jadi untuk urusan adaptasi dengan cuaca kamu tidak usah bingung. Kamu juga tidak perlu repot membeli pakaian tebal karena tidak ada musim dingin.

7. Spot Wisata
Malaysia, Truly Asia adalah selogan untuk pariwisata Malaysia. Banyak sekali tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi, mulai dari wisata alam, sejarah, hingga wisata kota metropolitan dengan segala kemudahan transportasi dan aksesnya. Cocok sekali buat kamu yang sering galau dan butuh piknik.

Demikianlah ulasan seputar alasan menjadikan Malaysia sebagai tujuan kuliah. Semoga bermanfaat dan memberikan referensi untuk melanjutkan studi. Temukan informasi penting dan menarik lainnya melalui jelajah peta situs di sini
[ klik disini 1X ] [ close ]