Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengapa Kuliah di Jogja? Ini 7 Alasan yang Harus Kamu Baca

BeasiswaTalk - Yogyakarta atau yang biasa disebut kota Jogja merupakan salah satu kota tujuan terbaik untuk kuliah di Indonesia. Kualitasnya, lingkungannya, alamnya dan semuanya sangat mendukung penuh untuk serius dalam belajar.
Kuliah di Jogja

Memasuki akhir jenjang studi sekolah menengah atas, pasti banyak pelajar
yang bingung menentukan ke mana seharusnya melangkah usai kelulusan mereka nanti, menentukan tempat kuliah. Banyak yang menentukan untuk kuliah di kota asalnya saja, biar tidak terlalu jauh dan dekat dengan keluarga. Namun tidak sedikit yang kemudian memilih untuk merantau dan menimba ilmu di kota lain dengan alasan agar lebih mandiri dan berpengalaman. Dan Jogja merupakan salah satu kota yang paling dituju oleh para pelajar dari seluruh Indonesia. Ingin tahu alasanny? Berikut ulasan mengapa Jogja dijadikan destinasi kuliah

1. Kota Pelajar
Jogja terkenal juga dengan sebutan sebagai kota pelajar. Tidak salah, sih menyebutnya demikian karena kalau kamu ke Jogja, pasti kamu bakal melihat mahasiswa di mana-mana, kampus di mana-mana. Kegiatan ala pelajar benar-benar hidup di sana. Jogja juga mempunyai UGM yang merupakan jajaran kampus terbaik di Indonesia. Selain UGM, ada ratusan universitas dan perguruan tinggi negeri dan swasta yang berdiri di jogja, dan rata-rata berkualitas. Dengan banyaknya perguruan tinggi yang tersedia, kamu jadi bisa mempunyai banyak pilihan untuk memasuki kampus yang sesuai dengan impian dan passionmu.

2. Fasilitas Lengkap 
Kehidupan di Jogja dalam 24 jam seakan tak pernah padam. Jika tengah malam perutmu merasa keroncongan, mudah sekali bagimu untuk menemukan warung yang tetap buka. Keperluan harian juga bisa kamu dapatkan di minimarket yang selalu buka 24 jam. Tidak hanya itu, ada juga tempat foto copy yang selalu available buat membantu tugas mendesakmu. Untuk menunjang belajarmu, di Jogja juga tersedia toko buku murah dengan diskon setiap hari. 

3. Banyak Kegiatan Ilmiah
Sebagai kota pelajar, salah satu hal yang mebuat Jogja benar-benar hidup adalah banyaknya event-event kegiatan ilmiah seperti workshop, seminar, diskusi, kajian, pelatihan yang bisa kamu ikuti, baik yang resmi maupun non resmi, lokal maupun nasional. Kamu berkesempatan untuk bertukar pikiran dan bertemu dengan tokoh-tokoh penting yang menginspirasi. Atmosfer seperti ini tentu sangat mendukungmu untuk terus belajar dan berkembang.

4. Komunitas Internasional
Banyak perguruan tinggi di Jogja yang membuka kelas internasional. Maka tak heran kalau kamu melihat mahasiswa-mahasiswa dari  luar Indonesia yang berlalu lalang di Jogja, di sudut kampus, kafe, dan tempat belajar. Kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk bertukar pikiran dan mengenal budaya negara lain tanpa harus ke luar negeri.

5. Biaya Hidup Super Murah
Jika kamu ingin kuliah di luar kota yang kualitas dengan biaya pas-pasan, Jogja adalah solusinya. Kebutuhan hidup di Jogja sudah masyhur dengan biayanya yang murah. Murah bukan berarti murahan, ya. Mulai dari makanan, kos-kosan, buku, transportasi semuanya serba terjangkau. Kamu bisa bandingkan dengan kota-kota besar lain di Indonesia, betapa murahnya Jogja.

6. Surga Wisata
Jangan takut kesulitan mencari tempat piknik kalau kuliah di Jogja karena Jogja itu surganya pariwisata. Mulai dari wisata alam, pantai, wisata sejarah sampai budaya. Bahkan Jogja merupakan salah satu destinasi wisata paling memikat bagi wisatawan asing. Kehadiran bule yang sedang berlibur juga bisa kamu manfaatkan untuk menghasilkan uang, dengan cara menjadi tour guide. Di Jogja juga banyak komunitas seni dan musik yang dapat kamu nikmati kehadirannya.

7. Miniatur Indonesia
Eksistensi Jogja sebagai kota pelajar menjadikannya didatangi oleh puluhan ribu pelajar dari seluruh Indonesia, Mulai dari Aceh, Medan, Palembang, Samarinda, Makassar, Jakarta, Papua, dan daerah lain. Kamu bisa menemukan bermacam-macam suku dan bahasa dari mereka. Kehadiran mereka membentuk suatu komunitas kedaerahan yang menjadikan Jogja sebagai Indonesia Mini atau Miniatur Indonesia. 

Demikianlah ulasan mengapa Jogja layak menjadi tempat kuliah. Semoga semakin meyakinkanmu menentukan pilihan destinasi belajar. 

Baca juga informasi penting dan menarik seputar kuliah dan beasiswa melalui jelajh peta situ di sini
[ klik disini 1X ] [ close ]