Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengapa Kuliah di Mesir? Ini 8 Alasan Untuk Meneguhkan Hati

BeasiswaTalk- Halo, Sahabat Beasiswa 360. Bagaimana semangatmu sejauh ini? Semoga tetap menjaga intensitas keinginan untuk menuntut ilmu. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan ulasan seputar alasan Mesir layak dijadikan tempat tujuanmu kuliah.
Kuliah di Mesir

Banyak lulusan SMA sederajat, terutama yang basic pendidikannya pondok pesantren bercita-cita melanjutkan pendidikan di Timur Tengah. Alasan mereka cukup
mulia, yakni ingin menggali lebih dalam ilmu agama sebagai pengembangan terhadap ilmu agama dasar yang telah mereka pelajari di pesantren. 

Sebagaimana diketahui bersama, bahwa ilmu Agama Islam itu teramat luas. Selain mempelajari al Qur'an sebagi kitab suci umat Islam, sekaligus sumber utama pedoman hidup manusia, ilmu Agama Islam juga mencakup ilmu Bahasa Arab yang merupakan instrumen untuk memahami semua literatur ilmu keislaman. Itu pun masih harus mempelajari detail-detail ilmu sebagai anak cabang dan pelengkap ilmu Bahasa Arab seperti nahwu, shorof, i'lal, balaghoh, dan lain-lain. Belum lagi ilmu hadits dengan sanad, riwayat dan kredibilitas perawinya, juga ilmu fiqih dan ushul fiqh yang rumit, dan cabang ilmu lain yang harus dikuasai dengan serius.

Memang tidak mudah untuk menguasai itu semua, apalagi bagi mereka yang benar-benar berkomitmen untuk menjadi duta Islam dan da'i di masa mendatang, butuh keseriusan dan ketekunan yang terus konsisten. Dan salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan menuntut ilmu dan kuliah di Mesir.

Mesir merupakan salah satu negara paling favorit untuk menuntut ilmu agama di antara negara-negara Timur Tengah lainnya. Selain terdapat Universitas Al Azhar sebagi salah satu universitas Islam tertua di dunia, ada banyak alasan yang yang menyebabkan Mesir menjadi idaman pelajar Islam dunia untuk kuliah. Berikut ulasannya;

1. Universitas Al Azhar
Siapa yang tidak kenal Universitas Al Azhar? Universitas yang didirikan pada tahun 970-972 M ini merupakan salah satu universitas Islam tertua di dunia. kredibilitasnya dalam ilmu agama Islam sudah menggaung ke seluruh dunia. Universitas Al Azhar yang berpusat di Kairo ini menjadi pusat studi Islam Sunni yang moderat dan toleran. Pusat nilai Islam damai banyak diajarkan di sini. Al Azhar juga mempelopori kerukunan umat beragama dunia.

2. Banyak Majlis Talaqqi
Salah satu alasan mengapa Mesir surga bagi para pencari ilmu adalah tersedianya majlis talaqqi atau pengajian di berbagai tempat yang diampu oleh ulama-ulama Mesir. Setiap pelajar bisa memilih majlis mana saja, kepada syekh siapa saja dan disiplin ilmu apa saja. Mulai dari ilmu bahasa, tafsir, hadits, ushul fiqh, fiqh berbagai madzhab, dan sebagainya. Kamu juga bisa mencari syekh untuk mengaji dan menghafal al Qur'an. Selain mendapatkan ilmu, para pelajar biasanya juga mendapatkan ijazah sanad keilmuan sebagai tanda bahwa mereka telah mengambil ilmu secara berantai dari guru sampai Rasulullah SAW.

3. Komunitas Muslim Dunia
Tidak hanya Indonesia yang mengenal Mesir sebagai pusat ilmu agama, pelajar muslim dunia juga banyak yang menyerbu Mesir. Kelebihan Mesir dalam hal ini tidak bisa ditutup-tutupi. Kamu bisa bertemu dengan pelajar muslim dari berbagai belahan dunia, seperti Asia, Afrika, Australia, Amerika hingga Amerika. Kesempatan ini bisa kamu manfaatkan untuk mengenal lebih dalam karakteristik dan kebudayaan Islam dari banyak negara, terutama bagaimana umat Islam yang hidup sebagai minoritas di negaranya. Kamu juga bisa sharing tentang keadaan Islam di Indonesia yang notabene sebagai negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia.

4. Komunitas Pelajar Indonesia
Tidak dipungkiri, keberadaan pelajar Indonesia di Mesir terbilang banyak. Tahun 2018 sendiri Indonesia melalui Kementerian Agama (Kemenag) mengirimkan hampir 2000 pelajar atau calon mahasiswa baru. Belum lagi jika dikalkulasikan dengan pelajar delegasi non Kemenag. Mesir memang tidak membatasi jumlah mahasiswa yang masuk, dan nilai ini bertambah dari tahun ke tahun. Dengan banyaknya pelajar dan masyarakat Indonesia yang ada, kamu bisa tergabung dengan komunitas-komunitas kedaerahan, ormas cabang, alamamater, dan sebagainya. Selain menguatkan ukhuwwah, kamu juga bisa menjaga nilai yang lama tertanam dari pengaruh negatif budaya luar yang disebabkan oleh kebebasan dalam berbaur.

5. Negeri Para Nabi
Mesir dijuluki dengan sebutan NEGERI KINANAH. Negeri yang terdapat sungai Nil-nya ini mempunyai sejarah hebat sebagai latar dakwah para nabi. Sebut saja Nabi Musa AS saat melawan kebengisan Fir'aun, Nabi Yusuf AS, Nabi Ya'qub AS, Nabi Harun AS, dan lain-lain. Mesir disebut sebanyak tiga kali di dalam al Qur'an; ayat 21 dan 99 QS Yusuf, dan ayat 51 QS az Zukhruf. Selain para nabi, para ulama salaf juga banyak yang dahulu menduduki Mesir, sebut saja Imam Syafi'i, Ibnu Hajar al Asqalani, Rabi'ah al Adawiyah, Imam Suyuti, Sahabat Abu Darda', Laits, dan cucu Rasulullah Husain bin Ali yang makamnya bisa kalian kunjungi. Hal ini bisa menambah spirit kamu dalam mencari ilmu dan ambisi besar untuk menjadi ulama di masa mendatang.

6. Biaya Hidup Murah
Meskipun kondisi ekonomi dan politik Mesir tidak menentu, harga barang dan biaya hidup di Mesir sangat terjangkau jika dibanding dengan negara Timur Tengah lainnya. Biaya transportasi, sewa rumah, makanan dsangat terjangkau. Dan satu lagi yang tidak kalah penting buat kamu penuntut ilmu, harga kita juga sangat murah karena mendapatkan subsidi dari pemerintah. Kamu juga bisa mendapatkan kitab atrau buku bekas degan harga yang jauh lebih murah namun dengan kualitas isi yang sama.

7. Peluang Mandiri
Setiap mahasiswa yang duduk di bangku kuliah pasti mempunyai keinginan untuk hidup mandiri, dalam artian terlepas dari tanggung jawab dan beban orang tua. Fase menuju dewasa ini banyak yang menginginkan pembuktian diri bahwa aku sudah besar, sudah bisa mandiri, tidak perlu mnambah beban orang tua lagi. Jika kuliah di Mesir, kamu berpeluang untuk mewujudkan keinginan mulia itu; berkuliah dengan biaya sendiri. Banyaknya masyarakat Indonesia di sana, membuatmu bisa membuka warung masakan Indonesia dengan pangsa pasar yang cukup banyak. Kamu juga bisa membuka jasa seperti pengiriman barang antar negara, pemandu wisata dan lain-lain.

8. Wisata Alam dan Peradaban
Mesir mempunyai sejarah peradaban masa lalu yang hebat, seperti zaman kerajaan Fir'aun, Ratu Cleopatra, Imperium Romawi, hingga zaman keislaman. Bukit Sinai (tempat kholwah Nabi Musa AS, Pyramid, Sphinx sering menjadi tujuan utama wisatawan asing. Alexandria juga menawarkan keindahan alam yang tiada terukur.

Demikianlah uraian tentang alasan Mesir layak dijadikan tempat studi. Semoga semakin membuatmu yakin dengan langkah yang akan kamu tempuh.
[ klik disini 1X ] [ close ]