Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beasiswa Universitas Bilad al Syams Syiria 2019

BeasiswaTalk - negeri Syam memang terkenal sebagai salah satu pusat studi keislaman yang populer mulai sejak abad awal Islam. Hingga saat ini negeri Syam yang merupakan julukan bagi negara Syria atau Suriah masih tetap eksis menjadi pusat studi sarjana keislaman dari berbagai dunia. Salah satu perguruan tinggi yang membuka peluang bagi pelajar Indonesia yang ingin mengenyam ilmu di Syiria adalah Universitas Bilad Al Syam yang berada di Damaskus.

Meskipun Suriah merupakan negara konflik di mata dunia internasional, namun faktanya negara ini masih sangat kondusif untuk para pelajar. Ada banyak pelajar dari Indonesia yang saat ini tengah mengeyam pendidikan di sana.

Ikatan Alumni Syam Indonesia (Alsyami) telah berhasil menjalin kerjasama dan memperoleh Memorandum of Understanding (MoU) dengan universitas (yang berada di bawah Kementerian wakaf Republik Arab Suriah) dalam bidang pendidikan. Oleh karena itu ikatan Alumni Syam Indonesia akan melakukan seleksi penerimaan calon mahasiswa baru untuk mengikuti program beasiswa kuliah di tiga jurusan yaitu jurusan Syariah, Dakwah dan Penyiaran serta Bahasa Arab.

Tujuan diadakannya seleksi ini adalah untuk menyaring dan menyalurkan lulusan Madrasah Aliyah/ pondok pesantren yang ingin melanjutkan studi ke Suriah. Seleksi akan dilaksanakan di beberapa wilayah yang ditentukan.

Materi ujian seleksi mencakup kemampuan akademik, baca Al Quran, bcaa kitab dan kemampuan bahasa Arab serta wawancara. 

Cakupan Beasiswa
Bagi kamu yang lolos seleksi beasiswa ini akan mendapatkan beberapa fasilitas beasiswa yang meliputi biaya pendidikan, biaya tempat tinggal (asrama), biaya izin tinggal (iqomah) serta biaya makan. Adapunbiaya perjalanan dari Indonesia ke Suriah dan kebutuhan pribadi ditanggung oleh masing-masing peserta.

Persyaratan
Berikut adalah persyaratan pendaftaran yang harus dipenuhi;
1. Membayaruang pendaftaran sebesar Rp. 100.000 dibayarkan kepada panitia wilayah sebagai bukti pendaftaran mengikuti seleksi.
2. Usia maksimal 20 tahun
3. Apabiladinyatakan lolos peserta harus bersedia menandatangani surat kesanggupan untuk memenuhi beberapa ketentuan berikut

  • Bersedia membayar sebesar Rp 25.000.000 untuk akomodasi pemberangkatan (tidak termasuk paspor) dan penerjemahan dokumen ijazah SMP/ MTS dan SMA/ MA, biaya akomodasi dan penerjemahan dokumen dibayarkan ke rekening pengurus pusat melalui nomor 006 00 0974500 5 Bank mandiri a.n Alumni Syam Indonesia.
  • Bersedia mematuhi aturan akademik yang telah ditentukan oleh pihak universitas
  • Bersedia mematuhi aturan dan tata tertib asrama
  • Bersedia menerima segala kebijakan universitas dan pemerintah Suriah
4. Pas foto berwarna dengan ukuran 4 * 6 sebanyak 6 lembar
5. Melampirkan legalisir ijazah SMA/ MA/  pondok pesantren dari lembaga setempat dengan tepat dengna ketentuan sebagai berikut;

  • Ijazah harus mendapat pengakuan dari negara
  • Bagi yang belum mendapatkan ijazah harus melampirkan surat keterangan lulus dari sekolah bersangkutan
6. Bagi calon peserta yang sudah mempunyai paspor harap melampirkan serta paspornya
7. Semua persyaratan (dalam bentuk hard copy) harus diserahkan langsung ke lokasi pendaftaran sebelum pelaksanaan seleksi paling lambat tanggal 4 Agustus 2019
8. Peserta harus mengikuti seleksi sesuai dengan domisili/ wilayah provinsi masing-masing

Prosedur Pendaftaran
Pendaftaran ini dilakukan dengan mengirimkan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat, nama lembaga asal, fotokopi KTP dan foto halaman depan paspor (jika ada) via WhatsApp melalui nomor berikut;
Wilayah Jabodetabek dan Banten: 0857 7345 0040 (Ust. Evi Fauzi)
Wilayah Jawa barat: 0853 2247 6913 (Ust. Hasan Rahmat)
Wilayah Jawa tengah dan DIY: 0822 9919 1101/ 0822 3056 0677 (Ust. Ade)
Wilayah Jawa Timur: 0822 3003 3992 (Ust. Fredo), 0852 3331 4091 (Ust. Masbuchin)
Sedangkan untuk wilayah di luar Jawa akan diinformasikan nanti.

Pelaksanaan Seleksi
Seleksi dilaksanakan pada tanggal 4 Agustus 2019 mulai pukul 08.00 WIB sampai selesai. Dan hasilnya akn diumumkan selambat-lambatnya pada 11 Agustus 2019. Adapun pelaksanaannya akan dilakukan di beberapa wilayah:

Wilayah Jabodetabek dan Banten
PP. Tahfidz Al Qur'an Al Azhar Ummu Suwanah
Jl. KH Hasyim Asy'ari/ Al Furqon GG. wakaf 03/03 Poris, Plawad Utara, Cipondoh, Kota Tangerang, Banten.

Wilayah Jawa barat:
PP Daarul Halim
Jl. Darul Fikri, no 5/95 Cihanjuang, Bandung, Jabar

Wilayah Jawa tengah dan DIY:
PP Nurul Falah 2 
Jl. Gulon-Suko, KM 06, Bendan, Ngargosoka, Srumbung, Magelang, Jateng

Wilayah Jawa Timur:
PP. Al Muhajirin 3
Yayasan Bahrul Ulun Tambakberas, Jombang, Jatim

Penting
Peserta yang dinyatakan lolos seleksi akan diusulkan untuk menerima visa dan Muwafaqoh dari pihak pemerintah Suriah. Visa dan Muwafaqoh adalah hak preogratif pemerintah Suriah yang tidak dapat diintervensi.

Demikian informasi seputar beasiswa Universitas Bilad Al Syam Damaskus Suriah, semoga bermanfaat. Baca juga informasi penting dan menarik lainnya melalui jelajah peta situs di sini.
[ klik disini 1X ] [ close ]