Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tutorial Tata Cara Mendaftar Beasiswa Najran University Arab Saudi

Beasiswatalk - Salah satu keunikan kuliah dan apply beasiswa di kampus - kampus Arab Saudi adalah cara pendaftarannya yang mayoritas online. Para pelamar tidak perlu repot untuk mengikuti suatu ujian seleksi di lokasi tertentu yang terkadang jauh dari kota tinggal. Pelamar cukup dengan hanya menyiapkan berkas serta dokumen untuk kemudian diupload di website kampus tujuan.
Baca juga Kumpulan informasi beasiswa Timur Tengah
Sayangnya, di sinilah biasanya para pelamar mengalami kesulitan, baik secara teknis maupun non teknis. Mengingat di Arab Saudi juga tidak terdapat standar kelulusan bagi mahasiswa baru yang mendaftar via online, kesalahan - kesalahan kecil dalam mengupload dan mengisi dokumen inilah yang biasanya mempengaruhi kelulusan.

Sebenarnya proses pendaftaran online ini tidaklah sulit. Hanya saja istilah - istilah asing berbahasa Arab dan kesesuaian kolom tertentu terkadang masih membuat calon pelamar kebingungan. Untuk itu, pada postingan kali ini, kami akan membuat panduan dan tutotial tentang cara mendaftar online beasiswa Najran University.

Untuk kelengkapan syarat dan informasi umun seputar Najran University, silakan baca terlebih dahulu Beasiswa Najran UniversityUntuk berkas yang diperlukan saat pendaftaran hanya Scan Passport (Tidak diterjemahkan) dan Scan Ijazah + Scan Transkip Nilai (Diterjemahkan dalam bahasa Arab). Pastikan bahwa kedua berkas ini sudah dijadikan file dalam format pdf. Nama file dibuat dalam bahasa inggris dan ukurannya tak lebih dari 1MB. Baangkali untuk membuat scan ijazah dan transkip nilai dijadikan satu file, silakan ikuti petunjuk berikut ini;



  1. Scan ijazah dan transkip nilai dimasukkan ke dalam file word terlebih dahulu, kemudian buat satu halaman satu gambar.
  2. lalu save as file word dengan format pdf, jangan lupa untuk memberi judul dalam bahasa inggris.
  3. Pastikan ukuran file tidak lebih dari 1MB. Dan jika ukurannya masih lebih dari 1 MB, silakan kompres atau perkecil terlebih dahulu.


Mohon diperhatikan dengan teliti dan pahami perlahan tahap dan langkah pendaftaran;

Langkah 1

Masuklah terlebih dahulu ke link pendaftaran di sini. Setelah itu akan muncul tampilan pada gambar. Pilihlah fitur yang dilingkari merah lalu klik تقديم طلب منحة. Jangan terkecoh dengan memilih fitur yang dipanah merah, karena fitur tersebut hanya untuk mahasiswa yang sudah terdaftar.


Langkah 2

Pada tampilan ini, pertama - tama isilah gender. Kemudian perhatikan tiga fitur di bawahnya; Tholab Jadid untuk mendaftar baru, Tholab at Ta'dil untuk merubah pendaftara, dan Thiba'ah at Tholab untuk mencetak istimaroh. Ketiganya bisa difungsikan, namun pada tahap ini silakan pilih Tholab Jadid.


Langkah 3


Pada tahap ini, silaklakan isi fitur yang berlingkar merah. Fitur Nau' al Minhah (Jenis Beasiswa) silakan isi Minhah Khorijiyyah (Beasiswa Mahasiswa Asing). Fitur Roqm Jawaz as Safar silakan isi dengan nomor passport. Sedangkan untuk fitur Nau' ad Dirosah silakan pilih Intidzom. Centang tanda persetujuan sebagaimana panah merah, kemudian klik Uwafiq.


Langkah 4


Perhatikan gambar, tanda bintang merah merupakan tanda bahwa data wajib diisi. Kemudian perhatikan lingkaran merah, tentukan dan tulis password yang terdiri dari enam angka (tidak boleh berupa huruf). Password ini berfungsi untuk mencetak atau merubah data. Anda bisa log in ke fitur tersebut sebagaimana yang dijelaskan pada Langkah 2.


Langkah 5


Pada tahap ini, silakan isi nama pada kolom yang telah tersedia. Dalam penulisan nama, tidak harus mengikuti ketentuan pengisian, Anda bisa mengisi dengan BIN pada salah satu kolom nama sebagaimana gambar. Selanjutnya pada kolom Jawwal, isi dengan nomor telpon dengan menyertaka  kode negara dengan tanpa tanda plus + (Contoh 628545xxx). Pastikan juga mengisi kolom - kolom lainnnya sesuai pada gambar.


Langkah 6

Perhatikan gambar dengan seksama. Untuk Nau' Syahadah Anda bisa sesuaikan jurusan ketika SMA dengan jurusan atau fakultas yang ingin Anda tuju. Mu'addal Tsanawi adalah nilai rata - rata ijazah. Contoh jika nilai rata - rata 96 dari skala 100, tulis di kolom kanan 96 dan tulis di kolom kiri 100 (tidak perlu memakai koma). Syakhs Lithowari tidak harus diisi. Setelah semua tanda bintang merah telah lengkap terisi, silakanklik tombol di bawah kiri Takid.


Langkah 7


Tahap ini khusus diisi oleh pelamar perempuan untuk mengisi data tentang mahram yang telah tinggal di Saudi. Bagi Anda laku - laki, silakan lewati dengan klik tombol at Talii


Langkah 8


Pada tahap ini, silakan upload file yang diminta. Pada tanda panah merah, silakan upload passport dengan klik browse untuk memilih file, kemudian klik Tahmil yang ditandai dengan kotak merah. Tunggu proses upload dengan sempurna. Isi juga pada tanda panah biru untuk upload file ijazah sekaligus transkip nilai. Setelah proses sempurna, klik atTalii


Langkah 9


Setelah semua proses selesai, Anda akan mendapatkan Istimaroh atau data print out dari pendaftaran yang berisi tentang data serta nomor pendaftaran. silakan save atau langsung print sebagai bukti daftar.


Inilah tahapan dan langkah dalam mendaftar online. Untuk memaksimalkan dan memudahkan proses, pastikan memperhatikan beberapa poin berikut; Waktu, usahakan untuk memilih waktu pendaftaran yang kiranya sedikit orang yang apply pada saat itu. File Lengkap, pastikan scan passport dan ijazah + transkip sudah tersedia. Cepat, pastikan proses mendaftar dipercepat dengan tidak menunda - nunda atau melakukan hal lain seperti makan, ke kamar mandi dan sebagainya.

Demikianlah Tutorial Cara Mendaftar Beasiswa Najran University 2018. Apabila terdapat hal - hal yang ingin ditanyakan, silakan tulis pada kolom komentar. Semoga berkah.
Sumber referensi dan gambar; Kabar Beasiswa Universitas Najran 

Baca juga informasi penting dan menarik lainnya melalui jelajah peta situs di sini.
[ klik disini 1X ] [ close ]