Mengapa Kuliah di Belanda? Ini 7 Alasannya

BeasiswaTalk - Belanda mungkin menjadi bayang-bayang hitam di masa lalu bangsa Indonesia yang telah menjajah tanah air 3,5 abad lamanya. Namun masa lalu biarlah masa lalu. Saat ini hubungan kedua negara telah membaik, bersama perdamaian dunia.

Belanda merupakan negara maju yang terletak di Benua Eropa. Kualitas pendidikannya menjadikannya
salah satu destinasi studi terbaik bagi mahasiswaa dari seluruh dunia, termasuk dari Indonesia. Lantas apa saja yang membuat Belanda layak dijadikan destinasi kuliah? Berikut ulasannya;

1. Kualitas Pendidikan Tinggi
Belanda sangat berkomitmen memeperhatikan dunia pendidikan hingga banyak sekali perguruan tinggi Belanda yang merupakan kampus terbaik dunia. Fasilitas penunjang untuk belajar juga tidak main-main. Kamu bisa menjelajah perpustakaan besar kampus dengan koleksi buku yang lengkap, ada silent room buat kamu yang ingin membaca dan belajar dalam ketenangan. Kamu juga bisa akses segala jenis jurnal internasional tanpa harus bayar. Selain itu, fasilitas olahraga dan taman untuk mengusir rasa jenuh juga tersedia.

2. Sistem Pembelajaran Interaktif
Hampir semua perguruan tinggi Belanda memberlakukan sistem pembelajaran interaktif yang bersifat langsung pada mahasiswa. Setiap mahasiswa diberikan hak untuk mengemukakan gagasannya saat proses belajar tanpa rasa khawatir. Mahasiswa yang sudah mempunyai ketrampilan akan dibimbing langsung untuk dapat mengembangkan keterampilannya seperti menganalisa, memecahkan masalah secara praktis, dan berpikir kreatif. Inilah yang jarang diberikan perguruan tinggi lain di luar negeri.

3. Bahasa Inggris
Pengen kuliah di Belanda tapi urung karena tidak bisa Bahasa Belanda, takut kalau di kelas cuma bengong karena tidak paham Bahasa Belanda? Jangan cemas, karena perguruan tinggi di Belanda menawarkan program berbahasa Inggris terbesar di Benua Eropa. Penduduk Belanda juga sangat mahir berbahasa Inggris, bahkan hampir 95% dari mereka menguasai Bahasa Inggris. Jadi kamu bisa berinteraksi lebih dengan penduduk setempat dan mengenali budaya mereka lebih dalam.

4. Tempat Bukti Sejarah Indonesia Masa Lalu
Tahukah kamu, Belanda menyimpan begitu banyak peninggalan sejarah masa lalu bangsa Indonesia. Benda bersejarah seperti alat musik tradisional, prasasti, patung, topeng, artefak tekstil, dan sebagainya tersimpan di Museum Volkenkunde Leiden dan Museum Tropen Amsterdam. Tidakhanya itu, kota Leiden juga merupakan gudang warisan literasi Indonesia. Leiden memiliki perpustakaan dengan koleksi buku tentang Indonesia yang cukup lengkap. Ada juga lembaga studi Asia Tenggara dan Karibia Kerajaan Belanda dengan koleksinya berupa catata-catatan sejarah tentang berbagai suku di Indonesia, bahasa, sastra, dan beragam buku lainnya. Cocok buat kamu yang tertarik dengan sejarah.

5. Banyak Orang Indonesia
Buat kamu yang sering suka homesick, kuliah di Belanda memungkinkan kamu punya beragam obatnya. Pasalnya, banyak orang Indonesia yang tinggal  yang tersebar di berbagai kota di Belanda, baik mahasiswa, pekerja maupun orang yang sudah menetap lama di sana. Restoran Indonesia juga dapat kamu temui. Kamu juga bisa mendapatkan bumbu-bumbu instan seperti nasi goreng dan rendang di minimarket.

6. Kesempatan Berkarir
Beberapa perusahaan raksasa multinasional terbesar di dunia seperti Philips, Heniaineken, KLM dan
Unilever berasal dari Belanda. Dan pemerintah Belanda memberikan kesempatan kepada mahasiswa Internasional untuk mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang mereka dapat ketika kuliah. Usai lulus, mahasiswa internasional diberikan izin tinggal selama setahun untuk mecari pekerjaan  atau memulai karir di sana.

7. Terletak di sentral Eropa
Dengan kuliah di Belanda, kamu berkesempatan untuk menjelajahi negara-negara Eropa dengan sangat mudah. Selain lokasinya yang berdekatan, sarana transportasi di Eropa juga sangat maju. Kamu bisa pilih mengggunakan bus, kereta atau bahkan pesawat dengan biaya terjengkau.

Demikianlah informasi seputar 7 alasan mengapa kuliah di Belanda. Semoga bisa menjawab keraguanmu selama ini. Baca informasi penting dan menarik lainnya melalui jelajah peta situs di sini.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel