Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Informasi Lengkap Beasiswa Cendekia Baznas Untuk Mahasiswa S1 Dalam Negeri 2020

Beasiswatalk - Bagi kamu yang saat ini sedang menjalani kuliah jenjang sarjana dan telah memasuki semester 4, ada tawaran beasiswa khusus yang dapat kamu ambil untuk meringankan beban orang tua.
Beasiswa Cendekia BAZNAS merupakan program beasiswa yang ditawarkan oleh Lembaga Beasiswa Badan Zakan Nasional UN mahasiswa S1 yang menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta mitra yang tersebar di seluruh Indonesia.

Lembaga Beasiswa BAZNAS sebagai bagian dari penyaluran zakat mempunyai amanah yang besar, yaitu menjamin keberlangsungan program pendidikan bagi golongan yang kurang mampu sebagai pertanggungjawaban antargenerasi sekaligus mempersiapkan generasi penerus bangsa yang mempunyai kedalaman ilmu pengetahuan dan keluhuran akhlak melalui program beasiswa.

Cakupan Beasiswa
Beasiswa ini akan diberikan maksimal selama 4 semester atau diberikan sampai dengan kelulusan (jika mahasiswa lulus sebelum semester 8 selesai). Adapun cakupan beasiswa yang diberikan adalah sebagai berikut;

  • Bantuan SPP/ UKT maksimal Rp. 4.000.000
  • Bantuan uang saku senilai Rp. 400.000 setiap bulan.
  • Pembinaan persama mentor daerah 
  • Pembinaan terbaik bersama lembaga beasiswa BAZNAS

Jenis Beasiswa
Terdapat tiga kategori yang masuk dalam program beasiswa ini, yakni BCB Syudentpreneur Muda, BCB Aktivis Muda, dan BCB Teladan Muda.

A. BCB Studentpreneur Muda
Program ini ditujukan bagi mahasiswa yang saat ini sedang merintis taau menekuni kegiatan wirausaha. Diharapkan pada masa depan setiap penerima beasiswa mempunyai kemandirian pendapatan dan ekonomi melalui program usaha. Selain itu diharapkan mahasiswa dapat membuka lapangan pekerjaan baru sehingga dapat memberikan ruang untuk menurunkan tingkat pengangguran. Program ini mempunyai 30 perguruan tinggi mitra.
Adapun perencanaan khusus yang harus dipenuhi untuk mengambil peluang beasiswa BCB Studentpreneur Muda adalah sebagai berikut;

  1. Berasal dari semua jurusan minimal akreditasi B
  2. Mempunyai perencanaan bisnis
  3. Mempunyai aktivitas berwirausaha yang sedang ditekuni
  4. Mempunyai dan aktif dalam akun media sosial

B. BCB Aktivis Muda
Program ini ditujukan bagi mahasiswa yang aktif berkontribusi untuk masyarakat melalui kegiatan organisasi atau kerelawanan. Ada 19 perguruan tinggi mitra dalam program ini.
Adapun persyaratan khususnya adalah;

  1. Berasal dari semua jurusan minimal akreditasi B
  2. Aktif pada salah satu organisasi kampus dan luar kampus
  3. Pernah menjadi pembicara atau narasumber pada forum internal atau eksternal kampus
  4. Mempunyai dan aktif dalam akun media sosial
  5. Lebih diutamakan bagi yang mempunyai aktivitas sosial di masyarakat

C. BCB Teladan Muda
Program ini dikhususkan bagi mahasiswa yang saat ini memegang komitmen prestasi dan menjadi yang terbaik di bidangnya masing-masing melalui prestasi aktif di berbagai kompetisi baik skala nasional maupun internasional. Ada 33 perguruan tinggi mitra dalam program ini. 
Berikut persyaratan khususnya;

  1. Berasal dari bidang ilmu zakat, psikologi, komputer, serta semua jurusan di fakultas Pendidikan dan keguruan minimal akreditasi B.
  2. Pernah mengikuti kompetisi minimal satu kali di level kampus
  3. Mempunyai dan aktif dalam akun media sosial
  4. lebih diutamakan bagi yang mempunyai aktivitas sosial di masyarakat

Persyaratan Umum

  1. Merupakan mahasiswi aktif PTN/PTS minimal akreditasi B ynag bermitra dengan lembaga Beasiswa BAZNAS yang disebut di atas
  2. Merupakan mahasiswa aktif semester 4 pada saat mendaftar
  3. Melampirkan slip gaji/ surat penghasilan orang tua
  4. IPK minimal 3,00
  5. Melampirkan surat keterangan tidak mampu yang ditandatangani oleh pengurus masjid setempat
  6. Mendapatkan rekomendasi dari tokoh masyarakat
  7. Mengikuti seluruh rangkaian seleksi
  8. Bersedia mengikuti seluruh rangkaian pembinaan beasiswa hingga program beasiswa selesai.

Persyaratan Berkas
Berikut berkas dan dokumen yang harus dipersiapkan;

  1. Form Checklist Dokumen
  2. Formulir pendaftaran 
  3. pas foto 
  4. fotokopi KTP 
  5. fotokopi KK 
  6. surat aktif kuliah dari kampus masing-masing atau kartu rencana studi (jika mendapatkan surat aktif kuliah tidak memungkinkan atau sulit) 
  7. slip gaji atau surat penghasilan orang tua 
  8. Surat rekomendasi dari tokoh masyarakat 
  9. surat keterangan tidak mampu yang ditandatangani oleh pengurus masjid setempat Transkrip nilai yang memuat nilai IPK terakhir

Prosedur Pendaftaran
Perlu diketahui bahwa batas akhir pendaftaran program beasiswa ini adalah sampai tanggal 8 Mei 2020. Untuk mendaftar, peserta dapat mengunduh form ceklist dokumen dan formulir pendaftaran pada link berikut bit.ly/formulirBCBIndonesia2020. Selanjutnya peserta mendaftarkan diri secara online pada link berikut bit.ly/daftarBCBIndonesia2020. Apabila pendaftaran berhasil maka peserta akan mendapatkan notifikasi melalui email. Peserta yang lolos kualifikasi akan mengikuti proses seleksi yang berlaku.

Pengumuman hasil seleksi berkas apda 20 Mei 2020. Seleksi wawancara dilakukan oleh tim kampus pada tanggal 1 sampai 01 Juni 2020. Peserta yang lolos seleksi beasiswa akan diumumkan pada tanggal 15 Juni 2020.

Demikian informasi seputar beasiswa Cendekia BAZNAS untuk mahasiswa S1, semoga bermanfaat. Baca juga informasi penting dan menarik lainnya melalui jelajah peta situs di sini.
[ klik disini 1X ] [ close ]