Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Informasi Terlengkap Beasiswa S1 KAIST Korea Selatan 2020

 BeasiswatalkKorea Selatan merupakan salah satu negara yang dikenal dengan kpop dan dramanya. Tapi tidak hanya itu, Korea Selatan juga merupakan salah satu negara pusat studi yang dituju pelajar dari seluruh dunia. Saat ini sedang dibuka peluang untuk melanjutkan studi dengan beasiswa penuh di Korea Selatan bagi lulusan SMA sederajat.


KAIST atau Institut Sains dan Teknologi Korea telah membuka peluang Beasiswa bagi calon mahasiswa internasional. Beasiswa ini bertajuk KAIST International Student Scholarship yang diperuntukkan untuk mahasiswa jenjang S1. KAIST ini merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik di Korea yang terletak di kota Daejeon, sekitar 150 kilometer selatan Seoul.  Perguruan tinggi ini masuk top 50 versi QS Top Universities.

Kampus ini berfokus pada bidang Sains, Teknik dan Teknologi. Namun pada beberapa tahun terakhir, KAIST telah mendapatkan akreditasi internasional dalam program pendidikan bisnis. Berikut pilihan jurusan yang tersedia di KAIST;
  • College of Natural Science; Physics, Mathematical Sciences, Chemistry.
  • College of Engineering; Mechanical Engineering, Aerospace Engineering, Electrical Engineering, Computer Science, Civil and Environmental Engineering, Bio and Brain Engineering, Industrial Design, Industrial and System Engineering, Chemical and Biomolecular Engineering, Nuclear and Quantum Engineering, Material Science and Engineering.
  • College of Life Sciences and Bioengineering; Biological Sciences
  • College of Business; Business and Technology Management.
Baca juga kumpulan informasi beasiswa luar negei
Cakupan Beasiswa
Bagi kamu yang lulus program beasiswa ini maka akan mendapatkan beasiswa yang mencakup;
  • Biaya kuliah penuh berupa pembebasan biaya kuliah selama 8 semester
  • Tunjangan uang tunai sebesar 350.000 KRW perbulan atau setara Rp. 4.500.000
  • Asuransi kesehatan

Beasiswa ini tidak mencakup biaya sewa tempat tinggal biaya makan dan biaya perjalanan. Dan untuk tetap mendapatkan beasiswa, para penerima beasiswa KAIST harus dapat mempertahankan IPK minimal 2,7 (skala 4,3) setelah tahun pertama di KAIST.

Persyaratan
Adapun persyaratan persyaratan yang harus dipenuhi untuk mengikuti program beasiswa ini adalah;
  1. Merupakan pelajar internasional termasuk dari Indonesia dan tidak memiliki kewarganegaraan ganda dengan  Korea Selatan
  2. Orang tua pelamar bukan merupakan warga negara Korea Selatan
  3. Sebelumnya tidak pernah bersekolah di Korea Selatan
  4. Setelah lulus SMA sederajat tahun 2020 dan tahun-tahun sebelumnya (bagi pelamar Spring Semester 2021) atau yang akan lulus per tanggal 31 Agustus 2021 (bagi pelamar Fall Semester 2021)
  5. Memenuhi persyaratan bahasa Inggris dengan skor yang direkomendasikan untuk TOEFL iBT min. 83/ TOEFL PBT min. 63 (baru)/ TOEFL CBT min. 220/ IELTS min. 6,5/ TOEIC Listening and Reading min. 720/ TEPS min. 326 (baru)
Persyaratan Berkas dan Dokumen
Berikut merupakan berkas dan dokumen yang harus dipenuhi dalam bentuk softcopy atau hasil scan;
  1. Formulir pendaftaran online
  2. Dokumen surat rekomendasi dari sekolah yang diisi oleh wali guru-guru akademik Matematika atau Sains yang disubmit sendiri oleh pemberi rekomendasi secara online. Surat rekomendasi ditulis dalam bahasa Inggris atau bahasa Korea. Masukkan alamat email pemberi rekomendasi pada saat mengisi formulir pendaftaran secara online, sehingga pihak KAIST dapat menginformasikan cara pengiriman surat rekomendasi pada platform online.
  3. Profil SMA yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan kebudayaan. Profil yang di submit dapat berupa website resmi sekolah atau informasi relevan yang dapat panitia lebih mengenal sekolah asal peserta.
  4. Scan transkrip nilai selama 3 tahun
  5. Hasil tes bahasa Inggris dengan skor yang direkomendasikan. Hasil tes bahasa Inggris harus diambil dalam waktu 2 tahun terakhir
  6. Hasil nilai UN 
  7. Salinan KTP dan paspor
  8. Statement of Financial Resources yang terdapat pada formulir pendaftaran online -  pilih KAIST Scholarship
  9. Sertifikat penghargaan dan prestasi (tidak wajib)

Penting
  • Seluruh dokumen diatas wajib di scan dalam ukuran A4 terlebih dahulu
  • Pastikan untuk dokumen yang dikeluarkan oleh sekolah seperti transkrip nilai, hasil nilai UAN dan profil sekolah telah dilegalisir terlebih dahulu oleh pihak sekolah asal
  • Dokumen yang masih menggunakan bahasa Inggris dapat diterjemahkan dalam bahasa Inggris menggunakan jasa penerjemah tersumpah. Untuk rekomendasi jasa penerjemah resmi tersumpah murah, silakan hubungi Penerjemah An-Nur klik DI SINI.


Prosedur Pendaftaran
Perlu diketahui sebelumnya bahwa program beasiswa KAIST ini merupakan program satu paket antara kuliah dan beasiswa. Untuk mempermudah pendaftaran pastikan setelah mengetahui dan membaca panduan pendaftaran pada link berikut Admission Guide . Silakan melakukan pendaftaran secara online untuk mahasiswa internasional di KAIST pada website berikut https://apply.kaist.ac.kr/InterApply

Pelamar akan dikenakan biaya pendaftaran mahasiswa sebesar 80.000 KRW yang dapat dibayarkan melalui transfer bank atau kartu kredit. Selanjutnya upload hasil scan berkas dokumen yang disebutkan di atas pada formulir pendaftaran online.

Setelah melakukan pendaftaran, pelamaran dapat mengecek status pendaftaran pada website https://apply.kaist.ac.kr/InterApply/InterApply/Login tujuannya untuk memastikan apakah berkas dokumen yang disubmit sudah lengkap atau belum. Jika belum lengkap bisa segera disubmit sebelum batas waktu pendaftaran.
Berikut tanggal-tanggal penting yang harus kamu catat

  • Application Deadline: 1 September - 23 Oktober 2020
  • Recommendation Letter Deadline: 30 Oktober 2020
  • Reply to KAIST: 4 Januari 2021
  • Academic year begin: Spring/ Fall 2021

Demikian informasi seputar program beasiswa KAIST scholarship bagi lulusan SMA sederajat semoga bermanfaat. baca juga informasi penting dan menarik lainnya melalui jelajah peta situs di sini
[ klik disini 1X ] [ close ]