Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sejuta Keuntungan dan Fasilitas Kuliah di Kerajaan Arab Saudi

Beasiswatalk.com - Melanjutkan studi dengan beasiswa tentu menjadi impian setiap orang. Selain meringankan beban orang tua yang mungkin sudah terlalu banyak membiayai pendidikan dan segala kebutuhan hidup lainnya, tentu terdapat kebanggan tersendiri bagi si penerima beasiswa.



Sudah banyak beasiswa yang tersedia bagi mereka yang ingin melanjutkan kuliah. Biasanya beasiswa ini disediakan oleh suatu instantansi swasta, perorangan atau pemerintah. Dan tidak hanya dalam negeri, beasiswa yang disediakan juga banyak yang ke luar negeri. Sudah banyak universitas di luar negeri yang menyediakan beasiswa bagi mahasiswa asing.


Salah satu negara yang tidak main - main dalam memberikan beasiswa bagi mahasiswa asing adalah Arab Saudi. Benar. Sebagai negara Timur Tengah yang kaya raya, Arab Saudi dikenal serius dalam mengembangkan dunia pendidikan. Meskipun Arab Saudi terkenal dengan salah satu pusat ilmu pengetahuan Islam, nyatanya ilmu - ilmu umum juga tak kalah mendapat perhatian yang juga besar. Banyak universitas terkenal yang menjadi tujuan dari mahasiswa - mahasiswa asing di dunia, seperti Afrika, Eropa, Amerika dan Asia termasuk Indonesia.

Lantas apa saja yang menjadi kelebihan dan keuntungan kuliah di Arab Saudi? Dan fasilitas apa saja yang diberikan kepada mahasiswa asing? Berikut ulasannya.


Kuliah Gratis

Semua mahasiswa asing yang kuliah di universitas - universitas Arab Saudi dibebaskan dari semua biaya kuliah. Jadi tidak perlu memikirkan uang semester, uang gedung, dan sebaginya. 


Gratis Tiket PP

Bagi yang diterima kuliah di Arab Saudi, biaya penerbangan serta tiket dari negara asal menuju Saudi ditanggung oleh pihak universitas. Tidak hanya itu, tiket saat kepulangan usai kelulusan juga ditanggung. Biasanya saat pertama berangkat tiket terlebih dahulu dibeli oleh penerima beasiswa, baru kemudian saat sudah sampai di universitas diberikan uang ganti.


Gratis Tiket Liburan

Inilah salah satu keistimewaan Arab Saudi, setiap tahun mahasiswa asing diberikan kesempatan untuk melepas rindu bersama sanak keluarga dan handai taulan di negara asal beserta tiket PP. Sayangnya biaya tiket ini tidak bisa diuangkan. Jadi kalau seandainya waktu liburan hanya dihabiskan di Saudi, fasilitas ini lepas.


Tunjangan Uang Bulanan

Kalau ini sudah pasti. Untuk mahasiswa jenjang S1, rata - rata mendapat tunjangan sebesar 840 Real perbulan. Sedangkan jenjang S2 dan S3 sudah pasti jauh lebih besar.


Asrama Mahasiswa

Setiap universitas di Arab Saudi rata - rata mentediakan asrama bagi mahasiswa. Biasanya satu kamar asrama dihuni oleh empat atau bahkan satu orang saja. Setiap kamar biasanya dilengkapi dengan lemari, meja belajar, kasur dan selimut, jaringan internet, dan lain - lain. Ada juga dapur umum yang biasanya terdapat di luar kamar khusus digunakan oleh penghuni kamar - kamar terdekat.


Fasilitas Olahraga dan Kebugaran

Tidak hanya rohani, kebugaran jasmani juga menjadi perhatian kampus - kampus di Arab Saudi. Lapangan olahraga seperti sepak bola, futsal, voli, bulu tangksi, kolam renang, gym, dan sebagainya disediakan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran para mahasiswa.


Makan Sehat Bersubsidi

Di setiap kantin kampus, mahasiswa dapat membeli makanan dengan biaya yang sangat murah. Subsidi ini diberlakukan untuk makan tiga kali sehari, menunya juga lumayan. Dengan adanya subsidi ini, maka bisa menghemat uang lebih daripada jajan di luar.


Haji Setiap Tahun

Bagi umat islam di Indonesia, butuh belasan tahun menunggu setelah mendaftar haji. Tentu saja dengan biaya yang lumayan besar. Adapun bagi mahasiswa yang kuliah di Arab Saudi, kesempatan ini bisa didapatkan setiap tahun dengan biaya yang jauh lebih murah. Siapa yang tidak mau dosanya terhapuskan tiap tahun? Baca juga Kesempatan Haji Gratis dan Dibayar saat Kuliah di Timur Tengah


Umroh Setiap Saat

Saat kuliah di Arab Saudi, kita juga bisa menunaikan ibadah umroh setiap saat. Biasanya mahasiswa menjalankannya setiap akhir pekan. Di beberapa kampus terdapat bus khusus yang bisa digunakan untuk menjalani ibadah umroh. 


Sebenarnya masih banyak keuntungan mendapatkan beasiswa di Arab Saudi. Namun kiranya hanya inilah ulasan singkat yang dapat kami sampaikan. Apabila terdapat pertanyaan yang ingin ditanyakan, silakan tulis saja di kolom komentar. Semoga berkah.

[ klik disini 1X ] [ close ]