Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ambil KTP, Cek Namamu di Penerima Bansos Bulan Maret 2023

Apakah Anda menunggu bansos yang belum cair hingga saat ini? Jangan khawatir karena Info bansos 2023 yang cair lagi Maret 2023 bisa Anda dapatkan dengan menyimak artikel ini sampai akhir.
Info bansos 2023 yang cair lagi Maret 2023 mungkin banyak dicari, mengingat masih banyak penerima PKH dan BPNT belum mendapatkan dana bantuan pada Februari 2023.

Selain menyajikan info bansos 2023 yang cair lagi Maret 2023, artikel ini juga akan mengulas cara cek penerima PKH dan BPNT di cekbansos.kemensos.go.id.

PKH dan BPNT merupakan dua Bantuan Sosial (Bansos) yang akan cair lagi Maret 2023 mengacu pada skema jadwal tahun lalu.

PKH adalah singkatan dari Program Keluarga Harapan yaitu bantuan sosial bersyarat yang menyasar tujuh kategori masyarakat miskin atau rentan miskin.

Kategori masyarakat yang jadi sasaran penerima PKH terdiri dari ibu hamil, balita, lansia, penyandang disabilitas, anak sekolah (SD, SMP, dan SMA).

Kategori penerima PKH tersebut mendapatkan bantuan dengan nominal berbeda.

Pada tahun 2022, PKH dicairkan dengan skema empat tahap dalam satu tahun di mana setiap tahap pencairannya disalurkan dalam beberapa termin selama tiga bulan.

Merujuk skema tahun lalu jadwal cair PKH per tahapnya sebagai berikut:

  •  Tahap 1 cair Januari, Februari, dan Maret.
  •  Tahap 2 cair April, Mei, dan Juni.
  •  Tahap 3 cair Juli, Agustus, dan September.
  • Tahap 4 cair Oktober, November, dan Desember.

Sedangkan BPNT adalah singkatan dari Bantuan Pangan Non Tunai yakni program bansos yang bertujuan untuk membantu memenuhi kebutuhan pangan masyarakat miskin atau rentan miskin.

Berbeda dengan PKH, dana bantuan BPNT untuk setiap penerima sama besarnya yakni Rp200.000 yang terkadang cair per bulan dan kadang dirapel sekaligus tiga bulan.

Sejauh ini di beberapa daerah, baik BPNT Januari dan Februari 2023 belum dicairkan pemerintah sehingga tidak menutup kemungkinan bakal dirapel sekaligus dengan bulan Maret.

Selain PKH dan BPNT, bansos lain yang cair Maret 2023 ada PBI JK yang tidak bisa dicairkan tunai dalam bentuk uang.

Bansos PBI JK diberikan pemerintah dalam bentuk iuran BPJS Kesehatan setiap bulannya dengan besaran Rp42.000 per penerima.

Dengan begitu penerima PBI JK tidak perlu membayar iuran BPJS Kesehatan setiap bulan tapi status kepesertaannya tetap aktif.

Mau tahu Anda termasuk penerima Bansos 2023 terdiri dari PKH, BPNT, dan PBI atau tidak?

Segera cek penerima Bansos 2023 via cekbansos.kemensos.go.id dengan cara:

  1. Masuk ke laman cekbansos.kemensos.go.id.
  2. Input alamat tempat tinggal mulai dari provinsi, kabupaten atau kota, kecamatan, dan desa.
  3. Isi nama lengkap sesuai data Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  4. Ketik 8 huruf kode captcha pada kolom yang tersedia.
  5. Kik 'Cari Data'.

Apabila data Anda terdaftar sebagai penerima Bansos 2023, akan muncul keterangan nama, umur, status, jenis bansos yang diperoleh hingga periode penyaluran.

Lihat di bawah kolom PKH, PBNT, dan PBI apakah terdapat keterangan 'Ya' untuk memastikan Anda terdaftar sebagai penerima Bansos tersebut.

Anda bisa saja terdaftar sebagai penerima ketiga jenis Bansos tersebut atau bisa hanya salah satunya.

Demikian info bansos 2023 yang cair lagi Maret 2023 lengkap dengan cara cek penerima PKH dan BPNT di cekbansos.kemensos.go.id.
[ klik disini 1X ] [ close ]