Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fully Funded Beasiswa MA & PhD Universitas Islam Internasional Indonesia 2023

BeasiswaTalk – Universeitas Islam Internasional Indonesia atau yang biasa kita kenal dengan singkatan UIII kini kembali membuka pendaftaran mahasiswa baru program Magister (MA) dan Doktoral (PhD) melalui jalur pembiayaan sendiri atau mandiri dan jalur beasiswa. Berbeda dengan pendaftaran mahasiswa pada tahun sebelumnya yang hanya membuka program MA, program Doktoral resmi dibuka untuk tahun ajaran 2023/2024.

 “Jalur beasiswa yang kami tawarkan juga bersifat non-diskriminatif. Karena itu saya mengajak anak-anak muda potensial dari seluruh dunia tanpa memandang latar belakang agama untuk tidak melewatkan kesempatan emas ini,” ujar Rektor UIII Komaruddin Hidayat dalam keterangannya, Jumat (13/5/2022)

“Program admisi melalui jalur mandiri maupun beasiswa ini terbuka untuk warga indonesia maupun warga asing yang mampu menunjukan kualitas kepemimpinan dan latar belakang akademis yang kuat” ujar Rektor, Minggu (15/5/2022).

 “Kita tidak membedakan dalam dan luar negeri, yang potensial melamar secepatnya ke UIII. Persyaratan yang kami berikan tidak ada perbedaan baik mandiri dan schoolarship sama ketatnya,” tegasnya.

UIII sendiri merupakan Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH) yang menyelenggarakan program Magister dan Doktoral. PTN ini diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 2018 lalu dan ditetapkan sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN) dengan Peraturan Presiden Nomor 56 Tahun 2018.


Terdapat beberapa pilihan program studi yang dapat dipilih, anatar lain:

Islamic Studies

Takhassus Turath Concentration

Political Science

Public Policy Focusing on Climate Change

Economics

Finance (Sustainable Finance)

Education


Cakupan beasiswa

1.    Visa pelajar dan Izin belajar untuk mahasiswa internasional.

2.Outward Airfare (ekonomi-satu arah) dari bandara terdekat ke Bandara Internasional Soekarno Hatta.

3.    Tiket pesawat pulang (ekonomi-sekali jalan) dari Bandara Internasional Soekarno Hatta ke bandara terdekat dengan lokasi rumah penerima.

4.    Biaya kuliah untuk 2 tahun akademik (Magister), dan 4 tahun akademik (Doktoral).

5.    Tunjangan awal kedatangan setelah tiba di indonesia.

6.    Tunjangan hidup bulanan.

7.    Asuransi kesehatan.

8.    Tunjangan buku.

9.    Bantuan penelitian disertasi.

 

Adapun, program beasiswa UIII merupakan bantuan keuangan untuk pelamar terpilih, dan bersifat bebas ikatan. Para pelamar dapat mengajukan lamaran untuk program Magister (MA) atau Doktoral (PhD) pada salah satu dari 4 fakultas yang saat ini tersedia di UIII, yakni Fakultas Studi Islam, Fakultas Ilmu Sosial, Fakultas Ilmu Pendidikan, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis lewat jalur beasiswa penuh. Seperti apa persyaratan UIII jalur mandiri dan beasiswanya?

 

Syarat-syarat pendaftaran program S2 dan S3jalur mandiri dan beasiswa UIII

Persyaratan umum

1.    Merupakan lulusan S1 atau yang sederajat

2.    Berusia maksimal 35 tahun

3.    Nilai IPK minimal 3.00 dari skala maksimal nya 4.00

4.    Melampirkan Sertifikat IELTS atau TOEFL, kecuali bagi lulusan universitas yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar.

5.    Melampirkan Sertifikat TOAFL, kecuali bagi lulusan universitas yang menggunakan bahasa Arab sebagai bahsa pengantar.

 

Persyaratan khusus untuk pelamar program Doktoral

1.              Merupakan lulusan S2 atau yang sederajat.

2.              Mengajukan proposal riset secara ringkas (4000-5000 kata).

3.              Melampirkan contoh tulisan Akademik, seperti tulisan ilmiah, hasil penelitian yang relevan dengan pilhan studi, atau artikel terbaru yang dipublikasikan di jurnal ilmiah berbahasa inggris.

 

Persyaratan Dokumen

1.    Ijazah S1 atau Ijazah S2 (bagi pendaftar program Doktoral)

2.    Transkip Nilai

3.    CV

4.    Statement of purpose

5.    Sertifikat TOEFL

6.    Sertifikat TOAFL

7.    Dua buah surat rekomendasi

 

NOTE: Semua berkas diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris oleh penerjemah resmi tersumpah. Untuk rekomendasi penerjemah resmi tersumpah murah, baik bahasa Arab maupun bahasa Inggris, juga jasa pembuatan CV dalam bahasa Arab atau Inggris plus desain, silahkan hubungi Penerjemah An-Nur disini.

 

Prosedur Pendaftaran

Perlu diketahui bahwa batas akhir pendaftaran program beasiswa ini adalah sebagai berikut,

Deadline pendaftaran program Magister 21 juli 2023

Deadline pendaftaran program Doktoral 15 juli 2023

 

Pendaftaran dilakukan secara online melalui link UIII Admissions bagi pelamar yang lolos akan ada informasi via email untuk kemudian mengikuti wawancara online melalui aplikasi Zoom atau Google meeting.

For more information, please go ahead to this brouchure.

Demikian informasi seputar Beasiswa penuh S2 dan S3 UIII 2023, semoga bermanfaat.

[ klik disini 1X ] [ close ]