Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beasiswa Universitas Pertamina 2019

BeasiswaTalk  Kesempatan kuliah di perguruan tinggi negeri merupakan idaman bagi setiap pelajar yang baru lulus dari sekolah menengah atas. Banyak yang kemudian menyerbu perguruan tinggi negeri sebagai tujuan kuliah karena biayanya yang lebih terjangkau. Tentu saja kemepatan itu sangat terbatas, karena kamu harus
bersaing dengan puluhan ribu calon mahasiswa lainnya. Walhasil kamu harus banting setir dan memilih perguruan tinggi swasta. Dan salah satu perguruan tinggi swasta yang berkualitas, memberikan prospek kerja yang menjanjikan dan menawarkan beasiswa adalah Universitas Pertamina.
Beasiswa Universitas Pertamina, pict by old.president.id

Baru diresmikan pada 11 Februari 2016, Universitas Pertamina (UP) merupakan kontribusi PT. Pertamina (persero) dalam dunia pendidikan kepada masyarakat melalui penyelenggaraan pendidikan tinggi dengan semangat menjadikan UP sebagai perguruan tinggi berkelas dunia di bidang bisnis dan teknologi energi.

Saat ini Universitas Pertamina telah membuka enam fakultas yang didukung dengan tenaga pengajar dan dosen-dosen lulusan Master dan Doktor terbaik dari dalama dan luar negeri. Keenam fakultas tersebut adalah Fakultas Teknologi Eksplorasi dan Produksi, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Rkonomi dan Bisnis, Fakultas Perencanaan Infrastruktur, Fakultas Sains dan Ilmu Komputer, serta Fakultas Komunikasi dan Diplomasi.

KEUNTUNGAN KULIAH DI UIVERSITAS PERTAMINA
Beberapa keunggulan Universitas Pertamina  dibandingkan perguruan tinggi lain di antaranya;

  1. Biaya Terjangkau, Jika dibandingkan perguruan tinggi swasta lainnya di Jakarta, biaya kuliah yang ditetapkan oleh UP begi mahasiswa barunya terbilang cukup terjangkau, yakni Rp. 10.000.000 per semester. Jumlah tersebut juga bisa dikurangi sebanyak 50% jika kamu pada saat ujian masuk mampu mendapatkan rangking 20% terbaik. 
  2. Sistem Berbasis Work-Intergrated Learning. Kurikulum yang disusun oleh UP mengacu pada akreditasi internasional dan mengintegrasikan pembelajaran akademik di perkuliahan dengan keterlibatan mahasiswa pada dunia praktis melalui kerja praktik maupun magang, dan praktik kewirausahaan.
  3. Sarana dan Prasarana Lengkap, Meskipun masih berumur muda, fasilitas sarana dan prasarana du UP sudah sangat lengkap, seperti laboratorium, perpustakaan serta fasilitas olahraga bertaraf internasional. Fasilitas ini diharapkan mampu menunjang proses pembelajaran dengan maksimal.
  4. Menuju World Class University, UP telah mentargetkan menjadi universitas kelas dunia meski usianya masih tergolong muda dengan semboyannya 'To Be A World Class University in 2035'. Dalam upaya tersebut serta dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), UP akan menggunakan sistem pembelajaran billingual (Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris). Di tahun kedua, kegiatan belajar mengajar akan menggunakan Bahasa Inggris.
  5. Pendidikan Karakter, Lingkungan pembelajaran di UP akan menanamkan karakter kepada mahasiswa melalui tugas dan proyek terkait dengan teknologi dan bisnis energi yang berdasarkan pada lima nilai moral, yakni integrity, excellence, profesionalism, global mindset dan  sosial responsibility.
  6. Tersedia beasiswa, beberapa program beasiswa yang ditawarkan oleh Universitas Pertamina adalah program Beasiswa Ekonomi yang membiayai biaya kuliah selama empat tahun, Beasiswa Prestasi yang diseleksi melalui lomba karya tulis  oleh Pertamina pusat, serta Beasiswa Sobat Bumi Pertamina yang diberikan pada semester 3.
  7. Prospek Kerja Cerah, karena merupakan salah satu entitas PT. Pertamina, mahasiswa Universitas Pertamina dapat merasakan suasana bagaimana menjadi pekerja di PT. Pertamina dan beberapa anak perusahaannya saat melakukan kerja praktik atau magang. lulusannya juga mempunyai kesempatan terbuka untuk bekerja secara tetap di perusahaan tersebut. Secara umum dengan pembekalan kompetensi yang diberikan, lulusan UP diharapkan mampu bergerak lebih di sektor energi.
BEASISWA UNIVERSITAS PERTAMINA
Universitas Pertamina menyediakan beasiswa bagi mahasiswa barunya yang memiliki kualifikasi tertentu. Ada dua jenis beasiswa yang bisa diambil, yakni

1. Beasiswa Ekonomi
Jenis beasiswa ini diberikan bagi calon mahasiswa yang mempunyai prestasi akademik yang sangat baik namun memiliki kesulitan finansial untuk mengikuti dan mnyelesaikan pendidikan di Universitas Pertamina.

Ada dua tipe beasiswa ekonomi yang diberikan ini, yaitu tipe 1; meliputi pembebasan 100% SPI (Sumbangan Pengembangan Institusi) dan pembebasan 100% pembebasan SPP (Sumbangan Pengembangan Persemester). Sedangkan tipe 2; meliputi pembebasan 100% SPI dan pembebasan 50% SPP. Beasiswa ini diberikan selama maksimal 8 semester masa studi dengan pemberlakuan evaluasi setiap tahunnya. Kedua tipe ini diberikan berdasarkan kondisi ekonomi orangtua/ wali mahasiswa.

Berkas yang Dibutuhkan

    • Scan (bukan foto) formulir pengajuan Beasiswa Ekonomi yang telah dilengkapi dan ditandatangani di atas materai Rp. 6000. Silakan unduh formulirnya di sini 
    • Scan Surat Keterangan Miskin (SKM) atau Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari kelurahan seetempat yang diurus tidak lebih dari tiga bulan sebelum pengajuan pendaftaran.
    • Scan Kartu Keluarga (KK)
    • Scan KTP/ Kartu Pelajar 
    • Scan KTP kedua orang tua
    • Scan nilai rapor semester 1-5 yang dilegalisir (simpan dalam satu file pdf)
    • Scan slip gaji orng tua tiga bulan terakhir atau surat keterangan pengganti slip gaji (untuk orang tua yang bekerja sebagai petani, pedagang, atau profesi lain yang tidak ada slip gaji bulanan) yang diterbitkan oleh kelurahan setempat
    • Scan bukti pembayaran rekening listrik rumah tinggal calon mahasiswa tiga bulan sebelum ujian masuk
    • Jika listrik di rumah tinggal calon mahasiswa pengaju beasiswa ekonomi adalah listrik prabayar yang menggunakan token, silakan datang ke kantor PLN terdekat untuk mencetak penggunaan listrik pada bulan tersebut. Namun jika tinggal di rumah sewa, dimana sewa yang dibayarkan sudah meliputi pembayaran listrik, diperkenankan meminta surat keterangan pengganti bukti pembayaran rekening listrik di kelurahan setempat.
    • Scan tagihan PBB rumah tinggal calon mahasiswa tahun 2018, jika tinggal di rumah yang bukan milik pribadi (sewa atau tinggal dengan keluarga lain), silakan minta surat keterangan pengganti tagihan PBB dari kelurahan setempat.
    • Karya tulis sebanyak empat paragraf  yang terdiri tidak kurang dari 600 kata dan tidak lebih dari 1000 kata dengan tema "Mengapa Saya Layak Mendapatkan Beasiswa Ekonomi Universitas Pertmina"
    • Scan maksimal tiga sertifikat prestasi terbaik (tidak wajib)
    • Foto bagian depan dan ruang tengah rumah calin mahasiswa
    • Seluruh berkas disimpan dalam format pdf dengan ukuran maksimal setiap poin berkas adalah 750 KB. Format penamaan setiap poin berkas adalah <nomor berkas>_<jenis berkas>_<nama pengaju beasiswa>_<nomor ujian>. Contoh: [02]_SKM_Jimmy Newton_123456789.pdf.
    • Seluruh berkas yang telah diubah ke dalam format .pdf ikumpulkan dalam satu folder dan dicompress dalam format .zip atau rar atau7zip atau .7z dan diberikan nama folder: <nama pengaju beasiswa>_<nomor ujian>. Contoh: Jimmy Newton_123456789.rar. Ukuran maksimal lampiran berkas adalah 10MB.


Prosedur Pendaftaran Beasiswa Ekonomi
Untuk bisa mendapatkan beasiswa ekonomi ini, berikut prosedur dan tahapan yang harus dilalui;


  •  Calon mahasiswa harus mendaftarkan diri dan mengikuti Ujian Masuk Universitas Pertamina (UM-UP) periode Januari 2019 (pendaftaran dimulai 10 Desember 2018) atau periode Maret 2019 (pendaftaran dimulai tanggal 21 Januari 2019)
  • Calon mahasiswa melunasi pembayaran UM-UP melalui bank yang ditunjuk untuk mendapatkan nomor ujian
  • Calon mahasiswa harus melengkapi data diri, memilih program beasiswa dan mencetak kartu Ujian Masuk
  • Calon mahasiswa yang mengikuti program Beasiswa Ekonomi dipersilakan mengisi formulir yang telah diunduh untuk kemudian mengirimkannya melalui email beasiswa@universitaspertamina.ac.id cc kemahasiswaan.up@gmail.com. Pengiriman seluruh berkas pengajuan beasiswa selambat-lambatnya tanggal 19 Januari 2019 pukul 12.00 WIB untuk peserta UM-UP periode Januari 2019, atau tanggal 23 Maret 2019 pukul 12.00 WIB untuk peserta UM-UP periode Maret 2019. Jika mengalami keterlambatan, pengajuan beasiswa tidak akan diproses dan menjadikan calon mahasiswa tersebut sebagai calon mahasiswa program reguler.
  • Panitia seleksi Beasiswa Ekonomi UP akan melakukan seleksi dan mengumumkan hasil seleksi beasiswa ekonomi periode Januari 2019 dan Maret 2019 secara bersamaan pada pertengahan bulan Juni 2019
2. Beasiswa Prestasi
Selain Program Beasiswa Ekonomi, Universirtas Pertamina juga memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa untuk memperoleh beasiswa melalui jalan lain, yakni Beasiswa Prestasi bagi 100 calon mahasiswa peraih nilai terbaik pada saat Ujian Masuk periode April 2019 (Gelombang 3). Beasiswa ini mencakup pembebasan 100% dan 50% SPI dan bisa diikuti oleh seluruh peserta Ujian Masuk periode April 2019.

Demikianlah informasi seputar Beasiswa Universitas Pertamina tahun 2019. Untuk emngetahui informasi lebih lanjut silakan kunjungi website resmi di https://universitaspertamina.ac.id/

Baca juga informasi penting dan menarik lainnya melalui jelajah peta situs dan pilih kategori yang kamu cari di sini

[ klik disini 1X ] [ close ]