Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengapa Kuliah di Jepang? Ini 7 Alasan Paling Kuatnya

BeasiswaTalk -  Sudah lama berencana kuliah ke luar negeri namun tidak juga menemukan destinasi impian? Atau sudah sempat mengulik tentang kuliag di Jepang namun masih tetap menemui beragam keraguan? Tenang saja, kali ini kami akan memaparkan beberapa alasan mengapa Jepang patut dijadikan tempat kamu kuliah.
Kuliah di Jepang

Ada beberapa faktor mengapa kamu sering ragu dalam menetukan tempat kuliah. Salah satunya adalah
ketidak tahuan kamu akan destinasi yang akan kamu tuju. Atau bisa jadi kamu sudah tahu, tapi kemudian manakah di antara tempat tujuanmu yang paling cocok buat kamu. Jika demikian, mungkin Jepang akan langsung mengalihkan perhatianmu.

Jepang merupakan salah satu negara maju yang berpikiran terbuka, namun tetap menjunjung tinggi nilai dan budaya yang mereka miliki. Selama ini Jepang terkenal sebagai bangsa yang amat teguh dengan pendiriannya. Inilah salah satu hal yang menjadi daya pikat negeri matahari terbit ini.

Daya pikat ini kemudian merambah pada ketertarikan untuk mencari ilmu, berkuliah dan menetap untuk beberapa lama di Jepang. Apalagi pendidikan di Jepang merupakan salah satu pendidikan yang maju dan menjadi percontohan di dunia. Seperti apakah kelebihan Jepang sehingga layak dijadikan tempat berkuliah? Inilah ulasannya;

1. Perguruan Tinggi Berkualitas
Tahukan kamu, Universita Tokyo merupakan universitas nomor satu di Asia dan merupakan universitas tertua di Jepang. Kualitas pendidikan tinggi di Jepang memang sangat tinggi karena bersifat kompetitif, khususnya dalam hal ujian masuk ke perguruan tinggi. Jepang terkenal unggul dalam bidang kedokteran, biologi, teknik dan kimia, juga bidang-bidang lain. Selain Universitas Tokyo, perguruan tinggi lain yang juga masuk kategori perguruan tinggi terbaik dunia adalah Universitas Kyoto, Universitas Osaka, Universitas Keio, Universitas Teknologi Tokyo, Universitas Hokaido, Universitas Nagoya dan Universitas Tsukuba.

2. Program Studi Internasional
Jepang kian membuka diri dengan memberikan kesempatan lebih besar kepada mahasiswa internasional dengan membuka program studi internasional. Pada tahun 2008, Jepang menerbitkan 300.000 international students plan untuk menjadikan Jepang lebih terbuka dengan mahasiswa internasional. Jepang menargatkan 300.000 mahasiswa asing akan berkuliah di Jepang sebelum tahun 2020. Dalam rangka memenuhi target ini, Jepang terus menambah program studi yang disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa internasional. Pemerintah Jepang juga semakin memberikan kemudahan bagi mahasiswa asing untuk kuliah di sana dan membuka banyak peluang.

3. Sistem Pendidikan Berdasarkan Riset
Jika dilihat dari segi kondisi kelas, cara dosen dalam mengajar, dan kurikulum yang diterapkan, sistem pendidikan di Jepang tidak beda jauh dengan di Indonesia. Yang membedakan adalah penelitian yang dilakukan sebagai syarat kelulusan (skripsi). Selama tiga tahun pertama, mahasiswa diajarkan mengenai teori-teori yang kemudian diaplikasikan langsung untuk memasuki bidang penelitian. Pada umumnya, objek yang diteliti di S1 terus berlanjut hingga S2 bahkan S3. Salah satu faktor sistem di Jepang lebih maju adalah sistem riset yang sangat baik serta dukungan penuh dari universitas maupun pemerintah. Dana yang dikucurkan juga tidak serba irit. Jepang sangat totalitas dalam hal ini. Usai lulus, perusahaan-perusahaan di Jepang juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa asing untuk magang maupun meniti karir dan menjadi bagian dari perusahaanya. Jadi kamu tidak perlu mencemaskan masa depanmu. 

4. Keuntungan Bahasa
Dengan banyaknya kelas internasional yang dibuka, banyak universitas di Jepang yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar, baik itu sebagian maupun sepenuhnya. Tentu hal ini semakin mendukung kamu untuk bisa beradaptasi dengan lebih cepat karena kamu tidak perlu menggunakan awal waktu kuliahmu untuk mendalami bahasa Jepang yang terkenal sulit. Namun di sisi lain, dengan kamu menguasai Bahasa Jepang tentu akan mempunyai nilai lebih. Apalagi bahasa Jepang merupakan salah satu bahasa yang digemari dunia internasional. Kamu juga bisa bersosialisasi kepada warga asli Jepang dengan lebih mudah.

5. Budaya Jepang yang Penuh Keteladanan
Orang-orang Jepang terkenal dengan karakter positif dan budaya baik yang menjadi teladan bagi bangsa negara lain. Budaya malu yang mereka miliki seringkali membentuk mereka menjadi pribadi yang pekerja keras dan tak kenal menyerah. Mereka tak ingin gagal dalam mencapai suatu tujuan yang mereka impikan. Mereka terkenal dengan sifat sabar dan fokus dalam menjalani kehidupan. Kadang mereka rela menghabiskan waktu lebih lama di laboratorium untuk mengerjakan suatu penelitian dengan efisiensi yang tetap bagus. Jika gagal, hal itu tidak akan membuat mereka putus asa dan akan dicoba lagi hingga berhasil. Mereka juga sangat menghargai waktu dan disiplin dalam menjalani rutinitas hidup. Budaya dan karakter yang seperti ini membentuk lingkungan positif dan  tentu sangat baik untuk membantumu mengantarkan kesuksesan belajar.

6. Infrastuktur Modern

Sebagai negara maju, Jepang bisa dibilang sangat terdepan dalam hal teknologi dan infrastruktur. Terutama dalam hal transportasi, Jepang mempunyai sistem transportasi yang maju dan terintegrasi seperti bus dan kereta. Kebiasaan orang Jepang yang berjalan kaki atau bersepada juga menciptakan lingkungan yang lebih sehat. Selain itu, taman - taman terbuka hijau juga banyak didirikan dan dimanfaatkan warga untuk bersantai maupun berolahraga.

7. Keindahan Alam
Kota Tokyo merupakan kota terpadat di dunia. Bangunan dan gedung pencakar langit banyak berdiri di dini. Destinasi wisata modern bisa kamu temikan di sini, seperti Odaiba, Tokyo Tower, Disneyland dan Universal Studio Jepang. Di Jepang juga banyak berdiri museum dan kuil-kuil bersejarah. Satu hal yang menjadi daya tarik Jepang adalah, keindahal alamnya yang memukau seperti Gunung Fuji. Kehidupan desa di Jepang juga menawarkan kedamaian dan keindahan yang bebeda dengan desa-desa pada umumnya.

Demikianlah ulasan seputar alasan mengapa Jepang layak dijadikan tempat kuliah. Semoga membantu kamu dalam memepertimbangkan pilihan masa depanmu.
[ klik disini 1X ] [ close ]