Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Full Beasiswa S1 & D3 APERTI BUMN

BeasiswaTalk - Apa rencanamu usai lulus SMA sederajat? Jika kamu berencana besar untuk melanjutkan kuliah namun terkendala biaya, mungkin tawaran beasiswa yang satu ini bisa jadi pilihan utama yang harus kamu genggam.

Program Beasiswa APERTI BUMN saat ini telah membuka pendaftaran beasiswa bagi lulusan SMA sederajat yang ingin melanjutkan kuliah program sarjana maupun diploma. Beasiswa ini diselenggarakan oleh Aliansi Perguruan Tinggi (APERTI) berbasi Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Ada enam perguruan tinggi yang tergolong dalam APERTI BUMN, yakni Sekolah Tinggi Teknik PLN (STT PLN), Universitas Pertamina (UP), Telkom University (TEL-U), Sekolah Tinggi Manajemen Logistik (STIMLOG), Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI), dan Poltek POS.
Baca Juga Kumpulan Beasiswa Dalam Negeri
APERTI BUMN hadir dan bersinergi agar dapat berkontribusi lebih bagi bangsa. Perguruan tinggi yang tergabung dalam APERTI BUMN mempunyai spesialisasi yang sangat dibutuhkan oleh dunia industri. STT-PLN mempunyai spesialisasi di bidang ketenagalistrikan, TEL-U di bidang Teknologi Informasi dam Komunikasi, STIMLOG di bidang supply chain, Universitas Pertamina di bidang energi, dan UISI di bidang bisnis serta teknologi persemenan. Ditambah lagi dengan kelebihan yang dimiliki oleh masing-masing perguruan tinggi tersebut yang sangat dekat dengan industri, sehingga memungkinkan untuk mengimplementasikan konsep Triple Helix (Academic, Business, and Government) secara bersamaan.

Adapun program studi dan fakultas yang dapat dipilih dari masing-masing perguruan tinggi, beserta cakupan beasiswanya adalah sebagai berikut;

A. Universitas Pertamina (UP)

  • Fakultas Teknologi Industri: S1 Teknik Kimia, S1 Teknik Mesin, S1 Twknik Logistik, S1 Teknik Elektro.
  • Sains dan Komputer: S1 Kimia, S1 Ilmu Komputer, S1 Hubungan Internasional.
  • Perencanaan Infrastruktur: S1 Teknik Sipil, S1 Teknik Lingkungan
  • Komunikasi dan Diplomasi: S1 Iomu Komunikasi
  • Teknologi Eksplorasi dan Produksi: S1 Teknik Geofisika, S1 Teknik Perminyakan, S1 Teknik Geologi.
  • Ekonomi dan Bisnis: S1 Manajemen, S1 Ilmu Ekonomi.
Adapun beasiswa yang diberikan meliputi;

  • Pembebasan Sumbangan Pembangunan Institusi (SPI)
  • Pembebasan Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP) semesmter 1 s/d 8 dengan pemberlakuan evaluasi setiap akhir tahun akademik
Penerima beasiswa APERTI di UP berkewajiban untuk mematuhi semua peraturan alademik dan kode etik mahasiswa yang berlaku. prestasi akademik dan non akademik akan dievaluasi setiap semester, sementara kelayakan mahasiswa untuk menerima beasiswa akan ditinjau berdasarkan peraturan rektor tentang beasiswa serta kontrak belajar penerima beasiswa setiap akhir tahun akademik.

B. Telkom University (TEL-U)

  • Fakultas Teknik Elektro; S1 Teknik Telekomunikasi, S1 Teknik Telekomunikasi (Internasional), S1 Teknik Elektro, S1 Teknik Elektro (Internasional), S1 Teknik Fisika, S1 Teknik Komputer
  • Fakultas Informatika yang semuanya merupakan program S1: Informatika, Informatika (Internasional), Teknologi Informasi, Rekayasa Perangkat Lunak.

Fakultas Rekayasa Industri (S1): Teknik Industri, Teknik Industri (Internasional), Sistem Informasi, Sistem Informasi (Internasional), Teknik Logistik.
Fakultas Ekonomi dan Bisnis (S1): MBTI (Management of Business in Telecommunication and Informatics), Ilmu Komunikasi (Internasional), Akuntansi.
Fakultas Industri Kreatif (S1): Desain Komunikasi Visual, Desain Komunikasi Visual (Internasional), Industrial Desain, Desain Produk, Kriya Tekstil dan Mode, Creative Arts (Painti g, Photography & Film, and Intermedia)
Fakultas Komunikasi dan Bisnis (S1): Administrasi Bisnis, Administrasi Bisnis (Internasional), Ilmu Komunikasi, Ilmu Komunikasi (Internasional), Digital Public Relation.
Fakultas Ilmu Terapan: D3 Teknologi Telekomunikasi, D3 Rekayasa Genetika, D3 Rekayasa Perangkat Lunak Aplikasi, D3 Sisterm Informasi, D3 Sistem Informasi Akuntansi, D3 Teknologi Komputer, D3 Manajemen Pemasaran, D3 Perhotelan, S1 Terapan Teknologi Rekayasa Multimedia.

Cakupan Beasiswa yang diberikan:
Beasiswa yang diberikan beruoa Beasiswa Unggulan meliputi pembebasan biaya Uang Partisipasi Pengembangan Pendidikan (UP3), Sumbangan Dana Pengembangan Pendidikan (SDP2), dan Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP) semester 1. Untuk BPP semester selanjutnya, mahasiswa harus mengikuti ketentuan sebagai berikut;
- IP minimal 3,50 pada setiap akhir semester
- Jika IP Semester (IPS) kurang daru 3,50 maka mahasiswa harus membayar BPP semester berikutnya dengan ketentuan;

  • IPS kurang dari 3,00 maka harus membayar 100% BPP
  • IPS antara 3,00 sampai 3,25 harus membayar 50% BPP
  • IPS antara 3,50 sampai 3,50 harus membayar 25% dari BPP

- Jika pada semester berikutnya IPS mencapai 3,50% maka akan dibebaskan biaya semester kembali secara penuh.
- Masa studi maksimal 8 semester (S1) dan 6 semester (D3).

C. STT-PLN (Jakarta Barat)
Program Sarjana: Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknik Informatika
Program Diploma: Teknik Elektro, Teknik Mesin

Cakupam beasiswa yang disediakan adalah pembebasan biaya kuliah secara penuh hingga lulus dengan ketentuan;

  • IPS minimal 3,20 pada semester berjalan
  • Jika IPS kurang dari 3,20 maka mahasiswa membayar uang kuliah normal dan berganti status menjadi Mahasiswa Reguler
  • Masa kuliah maksimal 8 semester (S1) dan 6 semester (D3).
D. STIMLOG (Bandung)
S1 Manajemen Transportasi, S1 Manajemen Logistik.

E. UISI (Gresik) yang semuanya merupakan program Sarjana
Fakultas Ekonomi dan Bisnis: Akuntansi, Manajemen, Ekonomi Syariah
Fakultas Teknologi Industri dan Argoindustri: Teknik Kimia, Manajemen Rekayasa, Teknik Logistik, Teknologi Argoindustri
Fakultas Teknologi Informasi dan Kreatif: Desain dan Komunikasi Visual, Informatika, Sistem Informasi

Cakupan beasiswa UISI;
- Biaya Investasi Pendidikan (BIP)
- Biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) semester 1
- Untuk UKT semester selanjutnya mengikuti Indeks Prestasi Semester (IPS) sebagai berikut;

  • IPS minimal 3,30 pada setiap akhir semester
  • Jika IPS kurang dari 3,30 maka mahasiswa harus membayar UKT semester berikutnya

- Jika pada semester berikutnya IPS mencapai 3,30 maka dibebaskan biaya UKT kembali secara penuh
- Masa studi maksimal 8 semester (S1)

F. FOLTEKPOS (Bandung)
Program Ahli Madya: D4 Akuntansi Keuangan, D3 Teknik Informatika, D3 Manajemen Informatika, D3 Akuntansi, D3 Manajemen Bisnis, D3 Logistik Bisnis.
Program Sarjana Terapan: D4 Teknik Informatika, D4 Manajemen Bisnis, D4 Logistik Bisnis.

PERSYARATAN MENDAFTAR BEASISWA APERTI BUMN
Secara keseluruhan untuk bisa mendaftar profram beasiswa ini, ada beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi;

  • Merupakan lulusan SMA sederajat tahun 2018 dan 2019
  • Mempunyai nilai rapor semester 1 s/d 4
  • Peserta dapat memilih 3 program studi untuknsatu institusi
  • Berkas pendaftaran diupload secara online
PROSEDUR PENDAFTARAN
Pendaftaran beasiswa ini berlangsung mulai tanggal 1 Mei 2019 sampai 14 Juni 2019. Pendaftaran dilakukan secara online melalui website resmi https://beasiswa.apertibumn.id/, kemudian buat akun di halaman website tersebut. Selanjutnya aktivasi email yang telah didaftarkan. Isi biodata lengkap pada kolom yang tersedia. Pilih institusi dan prodi. Lalu upload berkas yang berupa nilai rapor semester 1-4 dan portofolio/ sertifikat. Setelah itu jangan lupa cek data yang telah kamu isi di menu resume dan akhiri proses pendaftaran.

Pengumuman seleksi berkas akan dilakukan pada 18 Juni 2019 pukul 14.00 WIB. Akan ada tes online serentak bagi yang lolos seleksi berkas pada tanggal 20 Juni 2019 pukul 09.00 - 12.00 WIB. Pengumuman tes seleksi online akan dilakukan pada 27 Juni 2019. Setelah itu akan diadakan interview pada tanggal 1 sampai 5 Juli 2019. Adapun pengumuman seleksi final dilakukan pada 11 Juli 2019.

Demikianlah informasi seputar. Semoga bermanfaat. Bacanjuga Informasi penting dan menarik lainnya melalui jelajah peta situs di sini.
[ klik disini 1X ] [ close ]