Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pendaftaran Beasiswa Universitas Al Ahgaff Yaman

BeasiswaTalk - Kesempatan kuliah dan menuntut ilmu agama Islam merupakan salah satu yang ditunggu-tunggu oleh sebagian besar pelajar muslim Indonesia. Apalagi jika kesempatan itu datang dari negeri di Timur Tengah, yang mana reputasi keilmuan dan orisinalitasnya terjaga.

Tahun ini Universitas Al Ahgaaf Yaman kembali membuka pendaftaran bagi calon mahasiswa yang berasal dari Indonesia. Universitas ini memiliki keunggulan tersendiri di mata pelajar Indonesia karena mempunyai sistem yang berbeda, jauh dari hiruk pikuk kehidupan gemerlap, serta kedekatan dengan para ulama besar.

Sekilas Tentang Universitas Al Ahgaff Yaman
Berdiri pada tahun 1994, universitas ini berpusat di kota Mukalla, ibukota provinsi Hadramaut. Sebagian besar unit komponen yang dimiliki oleh universitas seperti fakultas-fakultas, pusat bahasa, kelas persiapan mahasiswa baru dan gedung rektorat, semuanya terletak di kota ini.
Baca juga Pendaftaran Institut Al Wasathiyah As Syar'iyah Hadhramaut-Yaman
Adapun kota Tarim merupakan lokasi berdirinya fakultas Syariah dan Hukum. Hal ini sengaja dilakukan untuk mewujudkan pendidikan syariah yang tidak diperoleh dari bangku kuliah saja, namun juga didapat melalui lingkungan yang ilmiah dan agamis. Mengingat kota ini populer sebagai kota ilmu dan ulama.

Faktor sosial budaya kemasyarakatankota ini sangat mendukunguntuk dijadikan sebagai tempat mendalami ilmu agama. Ditambah lagi dengan faktor sejarah yang menyebutkan bahwa dari kota ini Islam di beberapa belahan dunia seperti Asia dan Afrika disebarkan dan berkembang begitu pesat berkat kegigihan tokohnya dalam berdakwah.

Universitas Al Ahgaff  digagas oleh para ulama yang dipelopori oleh Al Allamah Al HabibAbdullah bin Mahfudz Al Haddad (Alm) demi terwujudnya tujuan utama yaitu membangun sarana pendidikan Islam yang bermutu bagi masyarakat muslim dunia dengan pola pendidikan yang mampu mencetak sarjana muslim yang prospektif dan mumpuni dalam segala aspek kehidupan, yang berasaskan ruh Islam ala Ahlussunnah wal Jamaah.

Ada beberapa fakultas yang dimiliki oleh universitas ini, namun bagi pelajar Indonesia hanya disediakan Fakultas Syariah, Syariah dan Hukum untuk putra, serta Fakultas Tarbiyah jurusan Dirosat Islamiyah untuk putri. Jika kamu lulus dan memenuhi syarat, kamu akan mendapatkan beasiswa berupa gratis biaya pendidikan dan asrama selama belajar di sana.

Persyaratan Berkas dan Cara Mendaftar
Untuk mendaftar di Universitas Al Agaff ini, persyaratannya cukup sederhana, yakni;

  1.  Ijazah SMA sederajat dan transkrip nilai. Bagi lulusan tahun ini yang ijazahnya belum keluar, bisa menggunakan Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHUN) sebagai ganti sementara.
  2. Pas foto berwarna dengan warna latar putih
  3. Surat rekomendasi atau surat pengantar dari pondok pesantren atau sekolah yang berisi izin untuk belajar di Universitas Al Ahgaff.
Pendaftaran dilakukan dengan mengisi formulir yang akan dibatasi sampai 30 Mei 2019. Akan ada ujian seleksi dalam hal ini untuk menentukan siapa yang berhak lolos. Ujian tulis bermaterikan Fiqih dan Bahasa Arab (NNahwu, Shorof, Ta'bir). Sedangkan ujian lisan berupa muhadatsah dan membaca kitab setingkat kitab Fathul Qorib Syarah Taqrib. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut serta mengunduh FORMULIR PENDAFTARAN bisa dlihat di sini.

Demikianlah informasi seputar pendaftaran beasiswa Universitas Al Ahgaff Yaman. Semoga bermanfaat. Baca juga informasi penting dan menarik lainnya melalui jelajah peta situs di sini.


[ klik disini 1X ] [ close ]