Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pendaftaran Institut Al Wasathiyah As Syar'iyah Yaman

BeasiswaTalk - Bagi kalangan pelajar muslim, Yaman merupakan salah satu negara tujuan yang banyak diimpikan. Sistem pendidikannya yang klasik diyakini mampu menjaga orisinalitas keilmuan Islam yang kian hari kian tergerus. Lingkungan sosial kemasyarakatan di Yaman sangat membantu dan mendukung pelajar untuk senantiasa fokus akan tujuan dari rumah.

Salah satu tujuan menuntut ilmu yang direkomendasikan adalah Institut Al Wasathiyah As Syariyah. Lembaga pendidikan ini didirikan oleh seorang tokoh besar Yaman, seorang pemikir Islam dunia, Al Habib Al Allamah Dr. Abu Bakar bin Ali Masyhur Al 'Adni.Sebuah hasil jerih payah dan pengalaman yang diperoleh dari pengelolaan pondok-pondok pesantren dan markaz-markaz pendidikan yang tersebar di berbagai tempat di banyak provinsi Yaman. Jumlahnya mencapai 32 ribat atau pondok pesantren dan 178 markaz pendidikan.

Didirikan pada tahun 2014, institut ini terus berkembang hingga sekarang. Pada awal beroprasi, lembaga ini hanya membuka satu jurusan, yakni Fiqh dan Ushul Fiqh. Untuk tahun-tahun berikutnya akan dibuka fakultas dan jurusan lain demi menyiapkangenerasi yang benar-benar memiliki kepedulian besar terhadap pengetahuan, menguasai pengetahuan yang mendalam terhadap ilmu agama, mempunyai pemahaman yang benar terhadap problematika keislaman, dan wawasan sosial kemanusiaan yang universal, serta ikut andil dalam mengembangkan pengetahuan Islam dengan potensi yang dimiliki untuk bisa mngokohkan pondasi Islam yang dibangun atas dasar keadilan dan moderatisme yang sesuai dengan Dyariat Islam.
Baca juga Pendaftaran Beasiswa Universitas Al Ahgaff Yaman
Hadhramaut merupakan pusat institut ini, dengan anak cabang yang tersebar di berbagai kota, meliputi Kota Seiyun, Mukalla dan Aden. Misi pendidikan tinggi ini adalah menyiapkan generasi yang berkompeten di bidang ilmu dan akhlak yang berpegang tegung kepada prinsip keadilan dan moderat yang sesuai dengan ajaran syariat Islam (Al Wasathiyah Al Syar'iyah) dan memiliki kontruksi ilmu pengetahuan, akhlak, dan keterampilan demi menghadapi tantangan zaman.

Program studi yang tersedia adalah Tafsir dan Ulumul Qur'an, Hadits dan Ulumul Hadits, Aqidah dan Dakwah, Fiqih dan Ushul Fiqih, serta Dirasat Islamiyah dan Arabiyah. Jika kamu berhasil menyelesaikan program untuksemua jurusan selama 5 tahun dengan satutahun pertama sebagai kelas persiapan (tamhidy), maka gelar yang kamu dapat adalah Bachelor Degree (S1). Sedangkan gelar Diploma diperuntunkan khusus untuk beberapa jurusan yang ditetapkan oleh Majlis Tinggi Institut Al Wasathiyah As Syar'iyah.

Persyaratan dan Prosedur Pendaftaran
Sejak tanggal 08 Mei hingga 31 Mei 2019 pendaftaran bagi calon mahasiswa asal Indonesia telah dibuka. Berikut persyaratan berkas dan dokumennya;

  1. Ijazah SMA sederajat beserta transkrip nilai
  2. Usia ijazah tidak lebih dari 3 tahun
  3. Nilai rata-rata minimal 7
  4. Bagi pendaftar yang baru lulus tahun inidan ijazahnya belum keluar, bisa menggantinya dengan Surat Keterangan hasil Ujian (SKHUN)
  5. Paspor
  6. Pas foto dengan warna latar belakang putih
  7. Surat rekomendasi/ surat pengantar dari pondok pesantren atau sekolah yang berisi izin untuk belajar di Institut Al Wasathiyah As Syar'iyah
Jika semua persyaratan sudah terpenuhi, maka langkah selanjutnya adalah pendaftaran dengan mengisi formulir di bawah. Sebagai seleksi, akan ada ujian lisan yang meliputi muhadatsah dan membaca kitab setingkat Fathul Qorib syarah Taqrib, serta ujian tulis yang bermaterikan Fiqih dan Bahasa Arab (Nahwu, Shorof, Ta'bir). Untuk informasi selengkapnya beserta formulir pendaftaran bisa diunduh di sini.

Baca juga informasi penting dan menarik lainnya melalui jelajah peta situs di sini.
[ klik disini 1X ] [ close ]