Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Program Beasiswa Tahfidz dan PPA Bagi Mahasiswa UIN ,IAIN, PTKIS

BeasiswaTalk - Kamu seorang mahasiswa yang sedang berkuliah di salah satu perguruan tinggi Islam? Dan kamu merupakan seorang penghafal Al Qur'an? Ada baiknya kamu mencoba mencari kesempatan untuk mendapatkan beasiswa Tahfiz.

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama Republik Indonesia saat ini telah membuka pendaftaran program beasiswa Tahfiz Al-Qur'an yang diperuntukan untuk mahasiswa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI), termasuk UIN, IAIN, STAIN Dan PTKIS. Selain itu, juga dibuka program Beasiswa Peningkatan Prestasi dan Akademik (PPA).

Cakupan Beasiswa
Cakupanu beasiswa bagi kamu yang berhasil mendapatkan program beasiswa ini, kamu akan diberikan tunjangan sebesar Rp. 3.500.000 per mahasiswa yang berkuliah di PTKIS. Sedangkan bagi mahasiswa yang berkuliah di PTKIN, besaran beasiswa yang diberikan akan disesuaikan dengan anggaran yang bersumber pada DIPA masing-masing PTKIN.

Beasiswa yang diberikan tersebut dapat digunakan untuk membayar SPP, living cost, membeli referensi buku-buku perkuliahan, atau bisa juga untuk memenuhi hal-hal lain yang dibutuhkan dalam proses menghafal Al-Qur'an dan studi pada PTKI.

1. PROGRAM BEASISWA TAHFIDZ 
Program beasiswa ini merupakan langkah afirmasi kementerian Agamagama Republik Indonesia terhadap mahasiswa yang sedang dan telah menghafal alquran yang tersebar di PTKI di seluruh Indonesia. melalui program ini diharapkan para mahasiswa dapat terus termotivasi dan terinspirasi untuk gemar menghafal serta menyelesaikan hafalannya sampai ya tuntas 30 juz.

Persyaratan
Bagi kamu yang tertarik untuk mengikuti program beasiswa ini berikut persyaratan yang harus dipenuhi;

  1. Merupakan warga negara Indonesia
  2. Mempunyai hafalan Al-Qur'an minimal 10 juz untuk beasiswa tahfidz PTKIS, sedangkan batas minimum hafalan pada mahasiswa PTKIN mengikuti ketentuan dari kampus masing-masing
  3. Merupakan mahasiswa aktif S1 atau D3 dan mempunyai Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) yang masih aktif
  4. Fotokopi ijazah atau surat keterangan (bermaterai) dari ustad/ guru/ kyai yang menerangkan bahwa mahasiswa tersebut telah hafiz Al-Qur'an minimal 10 juz
  5. Mahasiswa menandatangani pakta integritas
  6. Mahasiswa tidak terlibat dalam  organisasi atau aktivitas anti pancasila dan NKRI
  7. Dokumen pencairan yaitu foto copy buku rekening dan surat keterangan/ referensi dari bank yang menyatakan bahwa rekening mahasiswa calon penerima bantuan tersebut benar dan masih aktif

2. BEASISWA PENINGKATAN PRESTASI DAN AKADEMIK
Latar belakang program beasiswa ini karena Kementerian Agama melalui Ditjen Pendidikan Islam sangat berkepentingan agar para mahasiswa PTKI mencapai puncak prestasi akademik dan mampu bersaing dengan mahasiswa Indonesia lainnya. Untuk itu perlu diperlukan afirmasi salah satunya dengan menyelenggarakan beasiswa peningkatan prestasi dan akademik untuk mahasiswa PTKI.
Beasiswa peningkatan prestasi dan akademik ini diberikan kepada mahasiswa berprestasi yang terbagi dalam dua kategori ;
1. Mahasiswa berprestasi pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta PTKIS.
2. Mahasiswa PTKIS yang mempunyai indeks prestasi terakhir di atas 3,5

Persyaratan
1. Merupakan warga negara Indonesia
2. Merupakan mahasiswa aktif S1 atau D3 dan mempunyai Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) yang masih aktif
3. Mempunyai prestasi;

  • Menjuarai event pertandingan tingkat kabupaten/ kota, provinsi, nasional dan internasional pada saat aktif kuliah dibuktikan dengan fotokopi sertifikat penghargaan
  • Menulis buku, jurnal dan artikel yang diterbitkan oleh penerbit media massa nasional dibuktikan dengan bukti fisik Mempunyai karya inovasi di bidang sains dan dan teknologi yang dibuktikan dengan surat keterangan dari PTKIS, atau Mempunyai IPK terakhir di atas 3,5

4. Mengisi dan menandatangani pakta integritas
5. Surat keterangan dari rektor/ ketua/ dekan PTKI yang menyatakan bahwa mahasiswa tersebut tidak sedang mendapatkan bantuan yang bersumber dari APBN maupun APBD pada tahun berjalan (2019)

Prosedur Pendaftaran
Informasi dan tata cara pendaftaran program kedua jenis beasiswa ini dapat ditanyakan melalui bagian kemahasiswaan fakultas di perguruan tinggi masing-masing.

Program beasiswa ini telah dibuka sejak tanggal 15 Mei 2019 sampai dengan 26 Juli 2019. Untuk jadwal pendaftaran lebih detil dapat ditanyakan kepada kampus masing-masing.
Penyerahan berkas hasil seleksi perguruan tinggi: 1 s/d 26 Juli 2019
Penetapan penerima beasiswa: 7 September 2019
Penyerahan berkas pencairan beasiswa: 10 s/d 21 September 2019

Demikian informasi seputar beasiswa tahfidz dan PPA bagi mahasiswa PTKI, semoga bermanfaat. Baca juga informasi penting dan menarik lainnya melalui jelajah peta situs di sini
[ klik disini 1X ] [ close ]