-->

Fully Funded Beasiswa S1 Al Azhar Mesir Oleh Pemprov Jatim 2020

Beasiswatalk - Siapa yang tak kenal Universitas Al Azhar Mesir, popularitasnya sebagai pencetak umalam moderat dunia senantiasa menjadi dambaan bagi setiap pelajar muslim dari seluruh dunia.

Selama ini orang hanya tahu adanya seleksi untuk masuk ke Universitas Al Azhar adalah melalui kementerian agama. Namun kini telah dibuka seleksi beasiswa kuliah di Universitas Al Azhar oleh pemerintah provinsi Jawa Timur dengan Beasiswa Penuh.
Jawa Timur merupakan satu-satunya provinsi di Indonesia yang menyediakan program beasiswa ke Universitas Al Azhar. Program ini disediakan melihat banyaknya Pondok Pesantren modern yang berada di wilayah Jawa Timur. 

Program ini dikhususkan bagi rakyat Jawa Timur khususnya santri yang sudah memiliki ijazah pendidikan Diniyah formal tingkat Ulya, pendidikan muadalah tingkat Aliyah dan madrasah Aliyah di bawah pengelolaan yayasan pondok pesantren di Jawa Timur.

Cakupan Beasiswa
Berbeda dari beasiswa melalui Kemenag, program beasiswa Universitas al-azhar dari pemerintah provinsi Jawa Timur ini menyediakan beasiswa penuh yang meliputi;

  • Gratis biaya kuliah
  • Gratis biaya matrikulasi bahasa Arab di Jakarta, termasuk biaya transportasi, biaya pembinaan, asrama dan uang saku.
  • Biaya pembinaan sebelum keberangkatan
  • Pengurusan visa
  • Tiket Surabaya - Kairo PP
  • Biaya hidup
  • Biaya buku
  • Asuransi kesehatan
  • Pembinaan selama di Kairo
  • Komponen pembiayaan lainnya seperti transportasi, akomodasi, konsumsi dan peralatan tulis selama mengikuti seleksi menjadi tanggungan masing-masing peserta atau lembaga pengirim.

Persyaratan
Adapun persyaratan yang harus dipenuhi untuk mengikuti seleksi beasiswa ini adalah sebagai berikut;

  1. Merupakan penduduk Jawa Timur dibuktikan dengan KTP
  2. Santri pesantren yang telah memiliki nomor statistik pondok pesantren (NSPP) dan telah terdata di kementerian agama RI
  3. Memiliki ijazah Diniyah formal ula atau pesantren muadalah tingkat Aliyah atau madrasah Aliyah dibawah yayasan pondok pesantren
  4. Usia ijazah maksimal 2 tahun
  5. Belum menikah

Prosedur Pendaftaran 
Perlu diketahui bahwa batas akhir pendaftaran program beasiswa ini sampai tanggal 10 Februari 2020. Pendaftaran dilakukan oleh masing-masing pondok pesantren yang mengkoordinir calon peserta. Nantinya peserta akan mengikuti seleksi akademik yang berupa kemampuan bahasa Arab dan bahasa Inggris, wawasan kebangsaan, pemahaman kitab kifayatul Akhyar serta hafalan Alquran dua juz selain juz 30.

Terdapat 50 kursi beasiswa yang disediakan dan akan diberangkatkan pada bulan November 2020. Untuk penjelasan lengkapnya silakan buka surat edaran di sini. (Terdapat perubahan jadwal dari yang tertera di surat edaran, jadi mohon hubungi kontak tertera)

demikian informasi seputar beasiswa Universitas al-azhar dari pemerintahan provinsi Jawa Timur, semoga bermanfaat. Baca juga informasi penting dan menarik lainnya melalui jelajah peta situs di sini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel