Beasiswa PBSB 2020 Kuliah di Maroko dan Ma'had Aly di Indonesia

Beasiswatalk - Salah satu program unggulan dari Kementerian Agama Republik Indonesia yang ditunggu oleh para pemburu beasiswa adalah Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSP). Program ini dicanangkan sejak tahun 2005 dan telah berhasil melahirkan intelektual intelektual yang religius dan nasionalis.
Saat ini telah dibuka pendaftaran beasiswa santri berprestasi bagi santri-santri seluruh Indonesia untuk melanjutkan belajar ke jenjang Ma'had aly atau universitas. Program PBSB kali ini, Kemenag membuka pendaftaran untuk pilihan program studi pada;
  • Ma'had Aly As'adiyah Sengkang Sulawesi Selatan untuk takhassus Tafsir dan Ilmu Tafsir.
  • Ma'had aly Hasyim Asy'ari Jombang Jawa Timur untuk takhasus hadis dan ilmu hadis
  • Ma'had aly kebon jambu Cirebon Jawa barat untuk takhassus fiqih dan Ushul fiqih
  • Ma'had aly salafiyah Syafi'iyah Situbondo Jawa Timur untuk takhassus fiqih dan usul fiqih
  • Universitas di Maroko, kerjasama Kementerian Agama RI dan kementerian wakaf dan urusan Islam kerajaan Maroko untuk program Islamic studies

Program PBSB ke Maroko
Khusus program PBSB untuk kuliah di Maroko ini termasuk program terbaru yang belum pernah ada sebelumnya. Kemenag sendiri secara rutin telah membuka pendaftaran beasiswa negara-negara Timur Tengah seperti Mesir, Sudan dan Maroko. Akan tetapi untuk Universitas Maroko yang menjadi sasaran kerjasama ini ini berbeda dengan Universitas Maroko pada program kerja sama sebelumnya, karena berada dibawah Kementerian wakaf dan urusan keislaman kerajaan Maroko.

Menurut informasi yang kami dapat, akan ada 34 kuota yang dipersiapkan untuk beasiswa ke Maroko ini. Adapun cakupan beasiswa nya adalah sebagai berikut;
  • Gratis tiket pesawat pp
  • Uang saku Rp. 5.000.000 setiap tahun dari Kemenag RI
  • Uang 500 Dirham Setiap bulan dari Kementerian Maroko
  • Makan dan tempat tinggal (sebagian universitas ada yang tidak menyediakan)
  • Selain itu, bagi peserta yang lolos beasiswa ke Maroko maka akan mengikuti matrikulasi bahasa dan persiapan perkuliahan selama 2 bulan secara gratis pada bulan September sampai Oktober 2020 di lokasi pondok pesantren yang akan diumumkan kemudian.

Untuk informasi lengkap seputar perkuliahan di Maroko yang berada di bawah Kementerian Wakaf dan Urusan Keislaman Kerajaan Maroko, silakan simak di Instagram @beasiswatalk dalam sesi QnA edisi khusus Maroko.


Persyaratan
Pada dasarnya, peserta harus terafiliasi dengan pondok pesantren untuk mendaftar program beasiswa ini. Jika pondok pesantren belum terdaftar, silakan untuk mengkonfirmasi ke Kementerian Agama RI melalui link pendaftaran. Adapun kemampuan yang harus dikuasai untuk lolos program beasiswa ini adalah sebagai berikut;
  • Wawasan kepesantrenan
  • Kemampuan membaca dan memahami kitab kuning
  • Hafal 100 bait nadzom alfiyah Ibnu Malik
  • Hafal Alquran minimal 1 juz untuk pilihan Ma'had Aly, dan 10 juz untuk pilihan universitas di Maroko.

Deadline dan Tanggal Penting
Pendaftaran dilakukan pada 1-30 April 2020, sekaligus pengisian portofolio yang disediakan. Pendaftaran ini kemudian diperpanjang hingga tanggal 15 Mei 2020.
Pengumuman seleksi tahap 1 tanggal 3 Juni 2020
Pelaksanaan seleksi tahap 2 (wawancara) secara online pada 16-17 Juni 2020
Pengumuman hasil seleksi tahap 2pada tanggal 23 Juni 2020


Demikian informasi seputar beasiswa ke Maroko dan Ma'had Aly di Indonesia dari PBSB, semoga bermanfaat. Baca juga informasi penting dan menarik lainnya melalui jelajah peta situs di sini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel