-->

Fully Funded Beasiswa S1 Monbukagakusho Jepang 2020

BeasiswaTalk - Salah satu program beasiswa yang paling dinantikan adalah program beasiswa kuliah di Jepang. Bagaimana tidak, keunggulan dan keuntungan kuliah di Jepang yang bukan isapan jempol belaka sering kali menjadi incaran berbagai pelajar dari seluruh dunia, termasuk Indonesia.
Tahun ini, pemerintah Jepang melalui Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi atau yang biasa disebut Monbukagakusho/MEXT kembali menawarkan beasiswa bagi pelajar Indonesia lulusan SMA/SMK sederajat untuk melanjutkan pendidikan jenjang S1 di perguruan tinggi Jepang. Kamu berkesempatan untuk mendapatkan pendidikan berkualitas di bidang ilmu pasti maupun ilmu sosial.

Program perkuliahan yang diambil akan menempuh waktu selama 5 tahun dimana satu tahun pertama merupakan program kelas persiapan yang mempelajari Bahasa Jepang, Matematika, Bahasa Inggris, Ilmu Sosial (bagi kamu yang memilih bidang studi IPS), dan Fisika, Biologi, Kimia (bagi kamu yang memilih bidang studi IPA). Sedangkan bagi kamu yang mengambil stui kedokteran akan memakan waktu selama 7 tahun.

CAKUPAN BEASISWA
Alasan terbesar yang sebaiknya kamu pertimbangkan untuk mengambil program  ini adalah beasiswa mencakup seluruh kebutuhan tanpa membuatmu harus memikirkan hal lain selain belajar. Enaknya lagi, kamu tidak harus terikat dengan ikatan kedinasan, jadi tidak perlu merawa was was di kemudian hari setelah lulus. Berikut adalah cakupan beasiswa yang diberikan;
  • Biaya pendidikan dan perkuliahan, termasuk sekolah persiapan
  • Tunjangan hidup bulanan sebesar kurang lebih 117.000 Yen
  • Tiket pesawat pulang pergi Indonesien-Jepang
  • Bebas biaya pengurusan visa pelajar


PERSYARATAN
Berikut persyaratannya umum yang harus dipenuhi sebelum mendaftar;
  1.  Peserta merupakan lulusan SMA/ SMK sederajat
  2.  Minimal berusial 17 tahun dan maksimal 24 tahun pada tanggal 1 April 2021 (atau lahir setelah 2 April 1996)
  3.  Nilai rata-rata UN murni adalah 84.
Bagi pelamar yang memilih bidang studi kategori IPS dan nilai rata-rata UN kurang dari 84 masih tetap bisa mendaftar bila memiliki sertifikat Japanese Language Proficiency Test (JLPT) minimal level N3. Dan ini tidak berlaku bagi yang memilih bidang studi kategori IPA.


Adapun berkas dan dokumen yang disyaratkan saat mendaftar adalah;
  1. Lembar Print out email konfirmasi registrasi online yang berisi nomor ujian
  2. Application Form yang bisa diunduh di sini. Isi formulir pendaftaran dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang, disertai dengan pasfoto berwarna ukuran 3,5 x 4,5 cm. Formal, latar polos, warna latar bebas. Temeplkan pas foto pada kontak untuk menempel foto yg tersedia pada formulir. 
  3. Fotokopi rapor dari semester 1 kelas X hingga 2 kelas Xll dalam bhaasa Indonesia/ Inggris/ Jepang yang telah dilegalisir basah oleh pihak sekolah. Namun jika dirasa kesulitan meminta legalisir di masa pandemi, boelh melampirkan dalam bentuk fotokopi.
  4. Fotokopi SHUN (bagi lulusan tahun sebelumnya yang sudah memiliki) atau fotokopi SHUN Sementara (bagi lulusan berjalan yang belum memiliki SHUN) yang telah dilegalisir
  5. Fotokopi ijazah dalam Bahasa Indonesia/ Inggris/ Jepang (bagi lulusan tahun sebelumnya yang sudah memiliki) atau fotokopi Ijazah Sementara (bagi lulusan berjalan yang belum memiliki) yang telah dilegalisir.
  6. Surat rekomendasi dari kepala sekolah atau guru di SMA/ SMK dan sederajat yang ditulis dalam bahasa Inggris atau Jepang.
  7. Fotokopi sertifikat kemampuan bahasa (JLPT/ TOEFL/ IELTS/TOEIC) Bagi yang sudah memiliki.
  8. Fotokopi sertifikat/ hasil nilai JLPT/EJU (bagi yang sudah memiliki saja.


PROSEDUR PENDAFTARAN
Perlu diketahui bahwa batas akhir pendaftaran program beasiswa ini adalah sampai tanggal 29 Juni 2020 (Tahap awal bagi lulusan tahun 2019 dan tahun sebelumnya). Dan dibuka kembali gelombang kedua pada tanggal 1 -15 Juli 2020 (bagi lulusan tahun 2020).

Pertama, peserta melakukan pendaftaran secara online pada link berikut di sini . Pilih tulisan Gakubu, Kosen Senshu. Kemudian pilih tahun kelulusan, program studi yang dipilih serta data-data yang diminta lainnya. Setelah melakukan pendaftaran online, peserta akan mendapatkan email konfirmasi. Silakan cetak email tersebut dalam kertas A4 dan simpan nomor ujian.

Setelah memenuhi semua persyaratan, kelengkapan berkas dan melakukan pendaftaran online, semua dokumen dikirim via pos ke alamat berikut ini. Jangan lupa cantumkan kode Gakubu 2021 pada bagian pojok kanan atas amplop.

Bagian Informasi dan Kebudayaan (Pendidikan)
Kedutaan Besar Jepang
Jl. mH. thamrin No. 24. Jakarta 10350

Proses seleksi ini akan mencakup beberapa segmen seperti seleksi berkas, seleksi ujian tulis dan wawancara. Hasil final pengumuman akan keluar pada Januari tahun 2021 dan peserta yang lulus akan berangkat pada awal April tahun tersebut.

Keterangan lengkap tentang Beasiswa ini bisa dibaca di sini.

Demikianlah informasi beasiswa S1 Jepang program Monbukagakusho. Semoga bermanfaat. Baca juga informasi penting dan menarik lainnya melalui jelajah peta situs di sini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel