Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pendaftaran Kuliah S1 Imam Syafi'i College Hadramaut Yaman 2020

BeasiswaTalk - Yaman, di tengah ketidakpastian kondisi politik di negaranya, faktanya Yaman masih aman dan menjadi daya tarik untuk menuntut ilmu oleh pelajar di Indonesia. Salah satu tujuan tempat belajar yang paling banyak diminati adalah Imam Shafii College, Mukalla - Hadramaut. Namun sayangnya program kuliah ini tidak berbeasiswa penuh.


Mengenal Imam Shafii College
Imam Shafie College, Fakultas Syari’ah mulai berdiri pada tahun 1433 H di bawah naungan Seorang Ulama’ besar Al–‘Allamah Al–Murobbi Asy–Syekh Dr. Muhammad bin Ali Ba’athiyah. Lembaga pendidikan ini merupakan bentuk manifestasi dari Ribath (Pesantren) Imam Syafi’i menuju orientasi era modern. Lokasi perkuliahan dan Ribath ini terletak di ujung barat Kota Mukalla.
Baca juga Kumpulan Informasi Beasiswa Timur Tengah
Lembaga ini termasuk lembaga pertama yang dibangun di daerah tersebut bersamaan berdirinya Masjid Jami’Imam Syafi’i. Dengan dibangunnya sebuah masjid yang sangat besar ini, akhirnya daerah tersebut dinamai Fuwwah Syafi’i, mengikuti nama Lembaga yang tersohor di sana. Di sekitar Lembaga ini, terdapat 3 taman yang mengitarinya serta beberapa Fasilitas yang mendukung. Gagasan berdirinya lembaga ini didasarkan pada kurikulum pembelajaran Ulama’ Hadhramaut (Madrasah Hadhramaut), yang mana keberadaannya masih tetap berpengaruh, dan berperan besar di dunia Islam secara menyeluruh.

Imam Shafie College merupakan pengembangan dari Jihad Dakwah terdahulu dari sebelum dirintisnya lembaga ini sebagai perwujudan para penuntut ilmu yang masih menyimpan semangat dakwah dan penyebaran Agama Islam sesuai jalan Ahlus Sunnah Wal Jama’ah. Fakultas ini merupakan awal Jihad Dakwah untuk mencetak kader Da’i dan Ulama’ yang selalu mengamalkan ilmunya, Cendikiawan yang mumpuni di bidangnya dan mengedepankan akhlaq serta budi pekertinya supaya menjadi seorang Ulama’ yang memberi petunjuk dalam penyebaran agama suci sesuai Manhaj (metode) Ahlus Sunnah Wal Jama’ah di seluruh penjuru dunia.

Imam Shafie College ini, selain memberikan sumbangsih keilmuan beserta peran agungnya dalam mencetak kader Ilmuwan, lembaga ini juga dibentuk untuk bisa berbaur dengan masyarakat, berdakwah, mendidik serta melihat berbagai realita masyarakat yang semakin kompleks. Terbangun dari itu semua, maka pesan ini tertuju untuk para Ulama’, penuntut ilmu dan Ummat Islam secara keseluruhan.


Program Pendidikan
Imam Shafie College Mukalla menerapkan 2 (dua) program sekaligus, yaitu ribath (pesantren) dan pendidikan tinggi (kuliah) jenjang S1. Jangka pendidikan yang akan ditempuh di perkuliahan ini, kurang lebih selama 4,5 tahun. Dengan satu semester awal di Mustawa Tamhidi (persiapan). Kegiatan belajar-mengajar dimulai dari bulan Syawal hingga akhir bulan Rajab di setiap tahunnya. Dan itu mencakup 2 semester dengan jangka waktu 18 pekan di setiap semesternya. Pada 3 pekan terakhir, digunakan untuk ujian akhir semester.

Cakupan Beasiswa
Adapun beasiswa pendidikan yang disediakan mencakup :
1. Gratis biaya pendidikan selama 9 semester.
2. Gratis biaya asrama selama 9 semester.
Untuk biaya makan sehari-hari, uang saku, kebutuhan alat tulis dan kitab serta kebutuhan pribadi lainnya tidak termasuk dalam beasiswa (ada biaya bulanan).

NB: Jika dinyatakan telah lulus seleksi maka ada biaya yang harus dipenuhi sebesar USD 4,000.

Persyaratan Umum

  1. Putra, maks. Usia 21 th (belum menikah)
  2. Sehat jasmani (tidak terjangkit penyakit serius dan kronis) dan sehat rohani
  3. Berijazah SMA / sederajat dari Depdiknas dan pernah mesantren
  4. Melampirkan beberapa berkas yang dibutuhkan
  5. Mengikuti tes seleksi
  6. Membayar administrasi (jika lulus seleksi)
  7. Mengikuti segala arahan panitia
  8. Senantiasa menjunjung akhlaqul karimah
  9. Tidak merokok


Persyaratan Berkas

  1. Ijazah SMA sederajat
  2. Transkrip nilai
  3. KTP
  4. Surat izin orangtua
  5. Surat izin dari pesantren (jika masih di pesantren)


Prosedur Pendaftaran
Untuk mendaftar program beasiswa ini, peserta harus mengupload berkas secara online melalui LINK PENDAFTARAN. Akan terdapat seleksi yang meliputi
1. Ujian Tahriri : Fiqih dan Bahasa Arab (Nahwu, Shorof, dan Insya’)
2. Ujian Syafawi : Muhadatsah dan Baca Kitab Kuning (setingkat Fathul Qorib Syarah Taqrib)

Peserta dibebaskan untuk memilih waktu dan tempat seleksi berikut ini:
a Malang : 20 Agustus 2020
b. Cirebon : 23 Agustus 2020
c. Solo : 26 Agustus 2020

Contact Person : +6285606244681
Demikian informasi tentang pendaftaran kuliah di Imam Shafii College Yaman, semoga bermanfaat. Baca juga informasi penting dan menarik lainnya melalui jelajah peta situs di sini.
[ klik disini 1X ] [ close ]