Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fully Funded Beasiswa S2 S3 Hamad Bin Khalifa University (HBKU) Qatar 2020

Beasiswatalk.comHamad Bin Khalifa University (HBKU) Qatar merupakan universitas yang baru dibangun pada tahun 2010. Terletak di kawasan Kota Pelajar atau Education City, HBKU terintregasi bersama para intelektual, ilmuan, peneliti dan pelajar sebagai komunitas hidup dengan berbagai fasilitas penunjang yang berpusat di Ibukota Qatar, Doha. Beberapa cabang kampus dari universitas terkemuka di dunia juga berlokasi di kawasan yang sama, seperti Virginia Commonwealth School of the Arts di Qatar, Weill Coenell Medicine Qatar, Texas A&M University Qatar, Carnegie Mellon University, Georgetown University, Northeastern University, HEC Paris dan UCL Qatar.


Pada tahun 2020 ini, HBKU telah membuka pendaftaran program pasca sarjana S2 dan S3 atau Master dan Doktoral. Program yang tersedia bisa dilihat secara detail di www.hbku.edu.qa/en/admissions


HBKU merupakan institusi pendidikan yang bernaung di bawah Qatar Foundation untuk bidang Pendidikan, ilmu pengetahuan dan community development (QF). Menyoal tentang sistem pendidikan secara umum di Qatar dan secara khusus di HBKU, terutama haluan pendidikan Islam, Qatar menyadari bahwa Islam yang dibutuhkan saat ini adalah Islam yang modern dan berani berinovasi dalam rangka menjawab tantangan zaman sehingga Islam mampu masuk di semua lini kehidupan saat ini yang kian kompleks.


College of Islamic Studies (CIS)
Di antara fakultas yang paling memberikan banyak peluang terhadap mahasiswa internasional adalah CIS. Saat ini terdapat enam macam jurusan yang disediakan, dua di antaranya menggunakan pengantar Bahasa Arab  (Contemporary Quranic Studies dan Contemporary Fiqh), dan sisanya menggunakan Bahasa Inggris (Islamic Finance, Islamic Though and Applied Ethick, Comparative Religions, dan Islamic Civilization and Societies).

CAKUPAN BEASISWA
Bagi pelamar yang diterima, fasilitas dan cakupan beasiswa yang diterima adalah:
  •  Tiket ke Qatar dari negara asal
  • Tiket liburan 
  • Housing
  •  Trasportasi
  •  Tunjangan berupa uang
  • Disediakan akomodasi bagi yang sudah menikah
  •  dan lain-lain.

PERSYARATAN & PENDAFTARAN
Perlu diketahui bahwa batas akhir pendaftaran program beasiswa ini adalah sampai tanggal 1 Februari 2021. Proses pendaftaran melalui dua fase, fase pertama adalah pendaftaran online untuk seleksi berkas, kemudian dilanjutkan dengan seleksi interview setelah pengumuman kelulusan tahap seleksi berkas. Pendaftaran online bisa diakses di https://mybanner.hbku.edu.qa:9060/PROD9/twbkwbis.P_GenMenu?name=homepage untuk kemudian membuat akun. Setelah itu meng-upload berkas-berkas yang disyaratkan sebagai berikut;
  1.  Ijazah dan transkrip nilai yang sudah diterjemahkan dalam bahasa Arab/ Inggris.
  2.  Paspor dengan 6 bulan minimal masa berlaku
  3. CV berbahasa Inggris/Arab
  4. Personal statement of interest, berupa narasi dengan panjang 300-500 kata tentang mengapa memilih kuliah di HBKU, bagaimana studi ini akan berkontribusi pada pencapaian tujuan pribadi, penghargaan apa saja yang pernah didapat, dan tantangan apa saja yang pernah dihadapi dalam karir akademik dan dunia profesional.
  5. Bagi pendaftar program dengan pengantar bahasa Inggris, disyaratkan mempunyi bukti test TOEFL/IELTS bertaraf internasional yang masih berlaku. Ketentuan ini berlaku bagi pelamar yang yang bahasa pertama negaranya bukan bahasa Inggris, atau pelamar yang menyelesaikan jenjang sebelumnya pada kampus yang pengantarnya bukan bahasa Inggris.
  6. Bagi pendaftar program dengan pengantar bahasa Arab, diharuskan mengikuti seleksi kecakapan bahasa Arab yang akan diberitahukan kemudian oleh oihak CIS. Ketentuan ini berlaku bagi pelamar yang yang bahasa pertama negaranya bukan bahasa Arab, atau pelamar yang menyelesaikan jenjang sebelumnya pada kampus yang pengantarnya bukan bahasa Arab
  7. Surat rekomendasi berbahasa Inggris/Arab dari dua orang dosen atau pejabat kampus. (Berkop surat dan stempel resmi kampus). Hanya saja, surat rekomendasi dikirim langsung oleh pihak yang memberi rekomendasi secara langsung melalui email pribadi ke alamat email HBKU recommendations@hbku.edu.qa. Masing-masing surat rekomendasi harus disertai dengan satu lembar form rekomendasi yang sudah disediakan oleh CIS (silakan download di sini).

Note: Berkas diterjemahkan dalam bahasa Arab atau Inggris. Untuk rekomendasi penerjemah resmi tersumpah murah, sekaligus pembuatan CV plus desain, silakan hubungi Penerjemah An-Nur

Setelah semua berkas siap, maka proses selanjutnya adalah meng-upload dalam bentuk pdf. Jika berhasil lolos, pelamar kemudian akan dihubungi oihak HBKU untuk melakukan seleksi interview.

Demikian informasi seputar beasiswa HBKU Qatar 2020. Baca juga informasi penting dan menarik lainnya melalui jelajah peta situs di sini. 
[ klik disini 1X ] [ close ]