-->

Beasiswa S1 Universitas Pertamina 2021 Bagi Lulusan SMA Sederajat

 BeasiswaTalk  Kesempatan kuliah di perguruan tinggi negeri merupakan idaman bagi setiap pelajar yang baru lulus dari sekolah menengah atas. Banyak yang kemudian menyerbu perguruan tinggi negeri sebagai tujuan kuliah karena biayanya yang lebih terjangkau. Tentu saja kemepatan itu sangat terbatas, karena kamu harus bersaing dengan puluhan ribu calon mahasiswa lainnya. Walhasil kamu harus banting setir dan memilih perguruan tinggi swasta. Dan salah satu perguruan tinggi swasta yang berkualitas, memberikan prospek kerja yang menjanjikan dan menawarkan beasiswa adalah Universitas Pertamina.

Baru diresmikan pada 11 Februari 2016, Universitas Pertamina (UP) merupakan kontribusi PT. Pertamina (persero) dalam dunia pendidikan kepada masyarakat melalui penyelenggaraan pendidikan tinggi dengan semangat menjadikan UP sebagai perguruan tinggi berkelas dunia di bidang bisnis dan teknologi energi.

Saat ini Universitas Pertamina telah membuka enam fakultas yang didukung dengan tenaga pengajar dan dosen-dosen lulusan Master dan Doktor terbaik dari dalama dan luar negeri. Keenam fakultas tersebut adalah Fakultas Teknologi Eksplorasi dan Produksi, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Perencanaan Infrastruktur, Fakultas Sains dan Ilmu Komputer, serta Fakultas Komunikasi dan Diplomasi.

KEUNTUNGAN KULIAH DI UIVERSITAS PERTAMINA
Beberapa keunggulan Universitas Pertamina  dibandingkan perguruan tinggi lain di antaranya;
  1. Sistem Berbasis Work-Intergrated Learning. Kurikulum yang disusun oleh UP mengacu pada akreditasi internasional dan mengintegrasikan pembelajaran akademik di perkuliahan dengan keterlibatan mahasiswa pada dunia praktis melalui kerja praktik maupun magang, dan praktik kewirausahaan.
  2. Sarana dan Prasarana Lengkap, Meskipun masih berumur muda, fasilitas sarana dan prasarana du UP sudah sangat lengkap, seperti laboratorium, perpustakaan serta fasilitas olahraga bertaraf internasional. Fasilitas ini diharapkan mampu menunjang proses pembelajaran dengan maksimal.
  3. Menuju World Class University, UP telah mentargetkan menjadi universitas kelas dunia meski usianya masih tergolong muda dengan semboyannya 'To Be A World Class University in 2035'. Dalam upaya tersebut serta dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), UP akan menggunakan sistem pembelajaran billingual (Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris). Di tahun kedua, kegiatan belajar mengajar akan menggunakan Bahasa Inggris.
  4. Pendidikan Karakter, Lingkungan pembelajaran di UP akan menanamkan karakter kepada mahasiswa melalui tugas dan proyek terkait dengan teknologi dan bisnis energi yang berdasarkan pada lima nilai moral, yakni integrity, excellence, profesionalism, global mindset dan  sosial responsibility.
  5. Tersedia beasiswa, beberapa program beasiswa yang ditawarkan oleh Universitas Pertamina adalah program Beasiswa Ekonomi yang membiayai biaya kuliah selama empat tahun, Beasiswa Prestasi yang diseleksi melalui lomba karya tulis  oleh Pertamina pusat, serta Beasiswa Sobat Bumi Pertamina yang diberikan pada semester 3.
  6. Prospek Kerja Cerah, karena merupakan salah satu entitas PT. Pertamina, mahasiswa Universitas Pertamina dapat merasakan suasana bagaimana menjadi pekerja di PT. Pertamina dan beberapa anak perusahaannya saat melakukan kerja praktik atau magang. lulusannya juga mempunyai kesempatan terbuka untuk bekerja secara tetap di perusahaan tersebut. Secara umum dengan pembekalan kompetensi yang diberikan, lulusan UP diharapkan mampu bergerak lebih di sektor energi.
BEASISWA UNIVERSITAS PERTAMINA
Universitas Pertamina menyediakan beasiswa bagi mahasiswa barunya yang memiliki kualifikasi tertentu, yakni BEASISWA EKONOMI.

Beasiswa Ekonomi
Jenis beasiswa ini diberikan bagi calon mahasiswa yang mempunyai prestasi akademik yang sangat baik namun memiliki kesulitan finansial untuk mengikuti dan mnyelesaikan pendidikan di Universitas Pertamina.

Ada dua tipe beasiswa ekonomi yang diberikan ini, yaitu tipe 1; meliputi pembebasan 100% SPI (Sumbangan Pengembangan Institusi) dan pembebasan 100% pembebasan SPP (Sumbangan Pengembangan Persemester). Sedangkan tipe 2; meliputi pembebasan 100% SPI dan pembebasan 50% SPP. Beasiswa ini diberikan selama maksimal 8 semester masa studi dengan pemberlakuan evaluasi setiap tahunnya. Kedua tipe ini diberikan berdasarkan kondisi ekonomi orangtua/ wali mahasiswa.

Berkas yang Dibutuhkan

  • Scan (bukan foto) formulir pengajuan Beasiswa Ekonomi yang telah dilengkapi dan ditandatangani di atas materai Rp. 6000. Silakan unduh formulirnya di sini 
  • Scan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Surat Keterangan Miskin (SKM) atau Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari kelurahan seetempat yang diurus tidak lebih dari tiga bulan sebelum pengajuan pendaftaran.
  • Scan Kartu Keluarga (KK)
  • Scan KTP/ Kartu Pelajar 
  • Scan KTP kedua orang tua
  • Scan nilai rapor semester 1-5 yang dilegalisir (simpan dalam satu file pdf)
  • Scan slip gaji orng tua tiga bulan terakhir atau surat keterangan pengganti slip gaji (untuk orang tua yang bekerja sebagai petani, pedagang, atau profesi lain yang tidak ada slip gaji bulanan) yang diterbitkan oleh kelurahan setempat
  • Scan bukti pembayaran rekening listrik rumah tinggal calon mahasiswa tiga bulan sebelum periode seleksi. Jika listrik di rumah tinggal calon mahasiswa pengaju beasiswa ekonomi adalah listrik prabayar yang menggunakan token, silakan datang ke kantor PLN terdekat untuk mencetak penggunaan listrik pada bulan tersebut. Namun jika tinggal di rumah sewa, dimana sewa yang dibayarkan sudah meliputi pembayaran listrik, diperkenankan meminta surat keterangan pengganti bukti pembayaran rekening listrik di kelurahan setempat. Scan tagihan PBB rumah tinggal calon mahasiswa tahun 2018, jika tinggal di rumah yang bukan milik pribadi (sewa atau tinggal dengan keluarga lain), silakan minta surat keterangan pengganti tagihan PBB dari kelurahan setempat. Namun jika tagihan listrik 0 rupiah sebagai kompensasi dari pemerintah di masa pandemi,bisa membuat surat pernyataan yang ditandatangani oleh lurah atau RT/RW setempat. 
  • Scan tagihan PBB rumah tinggal tahun 2020. Apabila rumah yang ditempati saat ini bukan milik pribadi (sewa atau tinggal dengan keluarga lain), silakan minta surat keterangan pengganti tagihan PBB dari kelurahan setempat.
  • Karya tulis sebanyak empat paragraf  yang terdiri tidak kurang dari 600 kata dan tidak lebih dari 1000 kata dengan tema "Mengapa Saya Layak Mendapatkan Beasiswa Ekonomi Universitas Pertmina"
  • Scan maksimal tiga sertifikat prestasi terbaik (tidak wajib)
  • Foto bagian depan dan ruang tengah rumah calon mahasiswa
  • Seluruh berkas disimpan dalam format pdf dengan ukuran maksimal setiap poin berkas adalah 750 KB. Format penamaan setiap poin berkas adalah <nomor berkas>_<jenis berkas>_<nama pengaju beasiswa>_<nomor ujian>. Contoh: [02]_SKM_Jimmy Newton_123456789.pdf.
  • Seluruh berkas yang telah diubah ke dalam format .pdf dikumpulkan dalam satu folder dan dicompress dalam format .zip atau rar atau7zip atau .7z dan diberikan nama folder: <nama pengaju beasiswa>_<nomor ujian>. Contoh: Jimmy Newton_123456789.rar. Ukuran maksimal lampiran berkas adalah 10MB.


Prosedur Pendaftaran Beasiswa Ekonomi
Perlu diketahui bahwa batas akhir pendaftaran program beasiswa ini adalah sampai tanggal 25 Desember 2020 pukul 12.00 WIB siang (untuk peserta SNR-UP periode 1) atau 20 Maret 2021 pukul 12.00 WIB siang (untuk peserta SNR-UP periode 2).  

Adapun tahapan yang harus dilewati untuk mendapatkan Beasiswa Ekonomi adalah sebagai berikut;
  1. Peserta harus lulus jalur seleksi nilai rapor (SNR). Pendaftaran dilakukan secara online pada website resmi https://pendaftaran.universitaspertamina.ac.id/
  2. Pada saat pengisian form, memang lokasi ujian tertera hanya JAKARTA (default) karena seleksi dilakukan secara online. Namun nantinya peserta tidak perlu datang ke Jakarta dan tidak perlu mengikuti tes tertulis apapun.
  3. Nilai rapor yang diinput pada form adalah nilai aspek 'pengetahuan' atau 'kognitif' dan kelompok'wajib'.
  4. Unggah berkas persyaratan Seleksi Nilai Rapor Universitas Pertamina tahun 2021/2022 sebagai berikut; Soft copy pas foto formal dengan latar belakang warna merah atau biru ukuran file <200kb. Scan kartu keluarga. Scan Ijazah (bagi lulusan 2020). Scan nilai rapor semester 1-5 dalam format pdf dan dibuat satu file dengan ukuran <2mb.
  5. Calon mahasiswa harus membayar biaya pendaftaran SNR-UP melalui bank yang ditunjuk.
  6. Calon mahasiswa melengkapi data diri, memilih program beasiswa kemudian mencetak Kartu Ujian Masuk.
  7. Selanjutnya calon mahasiswa yang memilih Program Beasiswa Ekonomi Universitas Pertamina dapat mengirim seluruh berkas dokumen yang tersebut di atas (POIN BERKAS YANG DIBUTUHKAN) ke alamat email beasiswa@universitaspertamina.ac.id dan di cc ke: beasiswa.up@gmail.com

Kegagalan atau keterlambatan mengumpulkan berkas akan menyebabkan pengajuan beasiswa tidak diproses dengan kata lain peserta akan dialihkan menjadi calon mahasiswa reguler.

Panitia seleksi beasiswa universitas Pertamina akan melakukan seleksi dan mengumumkan hasil seleksi beasiswa SNR periode 1 dan SNR periode 2 secara bersamaan pada pertengahan Juni 2021. Calon mahasiswa yang dinyatakan tidak layak mendapatkan beasiswa universitas Pertamina (Beasiswa ekonomi) dapat melakukan daftar ulang sebagai mahasiswa UP program reguler (pembayaran dilakukan selambat-lambatnya tanggal 31 Juli 2021).

Demikianlah informasi seputar Beasiswa Universitas Pertamina tahun 2021. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut silakan kunjungi website resmi di https://universitaspertamina.ac.id/

Baca juga informasi penting dan menarik lainnya melalui jelajah peta situs dan pilih kategori yang kamu cari di sini

0 Response to "Beasiswa S1 Universitas Pertamina 2021 Bagi Lulusan SMA Sederajat "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel