Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fully Funded Beasiswa S1 King Saud University 2021

Beasiswatalk – Mendapatkan beasiswa dan berkesempatan kuliah di luar negeri tentu menjadi impian setiap orang. Banyak mahasiswa Indonesia yang melanjutkan studinya di negara – negara Timur Tengah untuk menggali lebih dalam tentang keilmuan Islam. Tidak sedikit dari mereka yang kuliah dengan berbeasiswa, apalagi kuliah di King Saud University (KSU) yang menawarkan beasiswa penuh.
     

Keuntungan belajar atau kuliah di Arab Saudi bisa dibilang paling banyak dibandingkan dengan kuliah di negara – negara Timur Tengah lain. Mulai dari besarnya beasiswa diberikan, banyaknya syeikh dan ulama besar yang setiap waktu membuka jadwal pengajian rutinan yang dapat kita ikuti kapan pun kita luang, serta kesempatan untuk melakukan ibadah umroh dan haji dengan mudah.

Biaya hidup di Arab Saudi memang cenderung lebih mahal dibanding dengan di Indoonesia, termasuk biaya sewa rumah, biaya konsumsi, hingga biaya buku dan kitab. Namun tak jarang para mahasiswa Indonesia sering mendapatkan itu semua dengan harga yang lebih murah atau bahkan gratis alias cuma – cuma.

Sekilas Tentang KSU (King Saud University)
King Saud University merupakan kampus terbesar di Kerajaan Arab Saudi. Terletak di ibukota, Riyadh, kampus ini dilengkapi dengan fasilitas terlengkap, mulai dari asrama pelajar, perpustakaan, lapangan olahraga, pusat kebugaran, minimarket, pusat kesehatan, dan sebagainya.

Saat ini KSU sedang membuka pendaftaran bagi lulusan SMA Sederajat untuk melanjutkan studi jenjang S1. Ada dua rumpun keilmuan yang disediakan di KSU;
Rumpun Sains ('Ilmi);
  1. Fakultas Teknik, Arsitektur, Ilmu Pangan dan Pertanian, Sains, Ilmu Komputer dan Informatika, serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis.
Rumpun Sosial-Humaniora (Insani);
  1. Fakultas Tarbiyah: Dirosat Islamiyah, Dirosat Quraniyah, Psikologi, Sejarah, dll
  2. Fakultas Adab; Bahasa dan Sastra Arab, Bahasa Inggris, Geografi, dll
  3. Fakultas Hukum dan Ilmu Politik
  4. Fakultas Bahasa dan Terjemah
  5. Fakultas Olahraga

Perlu diketahui bahwa sebelum penjurusan, mahasiswa akan masuk tahun pertama S1 atau yang dinamakan As-Sanah Al-Ula Al-Musytarokah /Common First Year (Tahun persiapan pra- fakultas). Di sini mahasiswa akan mempelajari hal-hal umum seputar ilmu alat dan dasar di dunia perkuliahan, seperti bahasa Inggris, matematika, statiska, kesehatan dan olahraga, keterampilan menyusun dan menulis makalah.

Tahun persiapan ini berlangsung selama satu semester untuk rumpun sosial (insani) dan satu tahun untuk rumpun Sains (Ilmi). Setelah itu barulah mahasiswa memasuki jenjang perkuliahan di fakultas dengan lama kuliah 3 tahun untuk rumpun Sains dan 3,5 tahun untuk rumpun sosial.

Cakupan Beasiswa
Sama seperti kampus lain di Arab Saudi, Beasiswa yang diberikan oleh King Saud University mencakup Beasiswa penuh, seperti:
  • Gratis biaya kuliah
  • Tiket pesawat PP setiap tahun
  • Makanan sehat bersubsidi
  • Asrama mahasiswa dengan berbagai fasilitas penunjang
  • Tunjangan bulanan
  • Tunjangan paket buku dan kitab ke negara asal
  • Hadiah bagi mahasiswa berprestasi
  • Fasilitas olahraga dan gym
  • Fasilitas kesehatan gratis
  • Kesempatan melaksanakan ibadah umroh setiap saat
  • Kesempatan melaksanakan ibadah haji setiap tahun

Persyaratan dan Ketentuan
  1. Mempunyai Ijazah SMA sederajat yang sudah diterjemahkan dalam Bahasa Arab oleh penerjemah resmi tersumpah
  2. Mempunyai paspor aktif
  3. Tidak sedang menjalani program yang sama di Saudi Arabia
  4. Berusia antara 17- 25 tahun
  5. Pelamar dari kalangan perempuan diharuskan sudah mempunyai mahram yang tinggal di Saudi.
  6. Lolos tes kesehatan

Berkas yang Dibutuhkan
Paspor
Ijazah
Transkrip nilai
Akte kelahiran
SKCK

NOTE: Semua dokumen diterjemahkan ke dalam bahasa Arab kecuali paspor. Jika Anda merasa bingung mencari jasa penerjemah tersumpah dengan pelayanan mudah dan terpercaya, Percayakan saja pada jasa penerjemah tersumpah Penerjemah Annur

Prosedur Pendaftaran
Perlu diketahui bahwa batas akhir pendaftaran program beasiswa ini adalah sampai tanggal 31 Januari 2021. Pendaftaran hanya dilakukan via online, tidak ada muqobalah atau interview.
Link Pendaftaran; si.ksu.edu.sa

Demikianlah Informasi Beasiswa S1 dan Program Bahasa King Saud University, Semoga bermanfaat. Baca juga informasi penting dan menarik lainnya melalui jelajah peta situs di sini.

[ klik disini 1X ] [ close ]