Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Informasi Terlengkap Beasiswa S1 Kemenag Timur Tengah (Mesir dan Maroko) 2021

 BeasiswaTalk - Peminat kuliah dan belajar di negara-negara Timur Tengah dari para pelajar Indonesia semakin bertambah tiap tahunnya. Tak heran, karena Timur Tengah merupakan negeri para nabi dan negeri lahirnya ilmu agama. Banyak yang berbondong-bondong menuntut ilmu di sana karena dianggap sebagai pusat studi Islam terbaik. Tidak hanya pelajar Indonesia, pelajar dari seluruh dunia juga mempunyai keinginan yang sama.


Beruntung pemerintah Indonesia berhasil menjalin kerja sama dengan negara-negara di Timur Tengah untuk dapat mengirimkan putra-putri terbaiknya belajar danmenuntut ilmu. Bahkan bisa dikatakan kuota yang diberikan kepada pelajar Indonesia lebih banyak dari kuota dari negara lain. Dan sudah sejak lama pemerintah melalui Kementerian Agama RI (Kemenag RI) menjadi penyalur kerjasama ini dan melakukan seleksi setiap tahunnya.

Setiap tahun, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama mendapatkan kuota untuk mengirimkan putra-putri terbaik Indonesia untuk belajar di Timur Tengah. Meski tahun 2020 lalu sempat terhenti akibat pandemi Corona yang berlangsung parah, akhirnya tahun ini seleksi beasiswa ini diadakan kembali.

Berbeda dengan tahun lalu yang mana negara tujuannya adalah 3 yakni Mesir, Maroko dan Sudan, tahun ini negara tujuan hanya Mesir dan Maroko saja. Perbedaan lain adalah tahun ini sistem ujian seleksi dilakukan secara daring atau online.

Baca Juga 7 Alasan Kuliah di Maroko

                             8 Alasan Pilih Kuliah di Mesir 



Cakupan Beasiswa
Untuk negara tujuam Mesir, ada dua skema yang diloloskan atau berhasil berangkat ke Mesir, yakni beasiswa dan non beeasiswa. Kuota beasiswa yang diberikan adalah 20 orang. Beasiswa yang diberikan meliputi gratis biaya kuliah, asrama, makan, dan uang saku. Sedangkan yang non beasiswa kuotanya akan ditentukan oleh kemenag nanti (tahun sebelumnya kuota yang diberikan bisa mencapai 750 orang) dan hanya akan dapat gratis biaya kuliah saja.

Adapun Maroko, skema yang akan diberangkatkan adalah hanya berbeasiswa. Beasiswa yang diberikan meliputi gratis biaya kuliah serta uang saku sebesar 1500 Dirham  (Sekitar 2,4 juta Rupiah) yang diberikan setiap dua bulan


Persyaratan dan Ketentuan Seleksi
  1. Merupakan lulusan SMA sederajat, termasuk pondok pesantren.
  2. Mendaftar secara online
  3. Membayara biaya pendaftaran
  4. Mengikuti Ujian seleksi secara daring.
  5. Usia ijazah tidak lebih dari 3 tahun untuk pendaftar Mesir.
  6. Usia ijazah tidak lebih dari setahun untuk pendaftar Maroko.
  7. Nilai rata-rata 75
  8. Melampiran ijazah atau surat keterangan lulus atau rapor kelas akhir bagi yang masih kelas 12.
  9. Melampirkan transkrip nilai
  10. Pas foto.
Prosedur Pendaftaran
Perlu diketahui bahwa batas akhir pendaftaran adalah sampai tanggal 20 April 2021. Pendaftaran dilakukan secara online melalui link : Seleksi Timur Tengah - Kemenag Pastikan untuk DAFTAR terlebih dahulu untuk bisa login. Baca juga Petunjuk Teknis Pendaftaran DI SINI

Materi dan Waktu Seleksi
1. Seleksi Tahap Pertama
Tes ini merupakan tes kemampuan Bahasa Arab on line yang dilaksanakan pada tanggal 28-29 April 2021.
2. Seleksi Tahap Kedua
Seleksi ini berupa ujian lisan atau wawancara. Hanya peserta yang dianggap lolos seleksi tahap pertama saja yang bisa mengikuti seleksi tahap ke dua ini. Materi tes meliputi;
  • Tes berupa percakapan Bahasa Arab
  • Tes bacaan dan hafalan Al Qur'an minimal 2 juz
  • Wawasan keislaman dan kebangsaan
Hasil Seleksi
Pengumuman ffinal akan dilakukan pada tanggal 3-5 April 2021 melalui website http://diktis.kemenag.go.id/

Demikianlah informasi seputar pendaftaran seleksi Timur Tengah oleh Kemenag RI, semoga bermanfaat. Info selengkapnya bisa dilihat di website kemenag. Baca juga informasi penting dan menarik lainnya melalui jelajah peta stus di sini.
[ klik disini 1X ] [ close ]