Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fully Funded Beasiswa S1 Hamad Bin Khalifa University (HBKU) Qatar 2023

Beasiswatalk.com - Hamad Bin Khalifa University (HBKU) adalah sebuah Universitas Negeri di Qatar yang terletak di dalam Education City di Doha, Ibukota Qatar.



Saat ini HBKU sedang membuka pendaftaran Mahasiswa baru untuk perkuliahan yang dimulai pada Musim Gugur (Fall) Tahun 2024.

Perlu diketahui bahwa Beasiswa untuk jenjang S1 hanya tersedia pilihan jurusan Teknik Komputer karena Program Sarjana Teknik Komputer adalah satu-satunya jurusan pada jenjang Sarjana (S1) di HBKU untuk pelamar dari kalangan SMA/Sederajat.


Skema Beasiswa

Perlu diketahui bahwa Proses Pendaftaran Masuk sebagai Mahasiswa Baru dan proses Pengajuan Beasiswa adalah dua hal yang berbeda. Untungnya, proses ini dilakukan secara terintegrasi (menyatu) pada pelamar dari kalangan Mahasiswa Asing.

Mahasiswa Baru yang berprestasi yang diterima dalam program ini dapat langsung mengajukan permohonan beasiswa kepada Qatar Fondation yang diberikan melalui perguruan tinggi pada saat proses wawancara penerimaan. 

Dana beasiswa prestasi ini terbatas dan akan diberikan kepada mahasiswa yang paling berkualitas secara akademis berdasarkan kriteria penerimaan HBKU dan berdasarkan evaluasi dan rekomendasi dari komite yang terdiri dari pengajar dalam program/fakultas yang dipilih dan disetujui oleh Dekan. 


Beasiswa ini mencakup hal-hal sebagai berikut:

  • Pelunasan biaya kuliah secara penuh ataupun sebagian (35 s.d 100%).
  • Pelunasan biaya Asrama secara penuh ataupun bersubsidi (35 s.d 100%);
  • Tiket transportasi kelas ekonomi hanya untuk mahasiswa (dibeli oleh HBKU hanya jika visanya disetujui);
  • Tunjangan maksimal bulanan sebagaimana diatur dalam kebijakan dan prosedur HBKU. Tunjangan ini adalah satu-satunya bagian dari beasiswa yang dibayarkan langsung kepada mahasiswa


Persyaratan Umum

Pelamar yang ingin masuk ke bidang Teknik Komputer harus memiliki catatan akademik SMA/MA jurusan IPA dengan nilai akademik yang kuat dengan bukti transkrip nilai yang unggul dalam bidang matematika dan sains. 

Dikarenakan pengantar perkuliahan akan disampaikan dengan bahasa Inggris, dan HBKU tidak menyediakan kelas persiapan bahasa, Pelamar diharuskan mengikuti ujian IELTS atau TOEFL (tidak ada batas minimal khusus) untuk menunjukkan kemahiran mereka dalam bahasa Inggris. Skor tes SAT atau ACT bersifat opsional tetapi sangat dianjurkan dan akan dipertimbangkan dengan baik dalam proses penerimaan ini.


Persyaratan Dokumen

  1. Transkrip Akademik dengan Ijazah. 
  2. Sertifikat Hasil Kemampuan Bahasa (IELTS atau TOEFL)
  3. 2 (dua) buah Surat Rekomendasi
  4. Personal Statment of Interest
  5. Curriculum Vitae (CV)
  6. Passport


Catatan;

  • Transkrip Nilai yang diunggah adalah transkrip nilai raport kelas X, XI dan XII.

  • Dua buah surat rekomendasi berasal dari: Satu guru BK dan Satu guru Sains/Matematika yang pernah mengajarnya saat di sekolah. Format Surat Rekomendasi ditentukan oleh pihak kampus. Pelamar harus menyerahkan dua surat rekomendasi, salah satunya harus dari rekomendasi akademik. Pelamar akan menemukan tautan ke formulir rekomendasi di aplikasi penerimaan online.


  • Personal Statment of Interest adalah sebuah esai ilmiah yang terdiri atas 300-500 kata yang berisikan penjelasan:

  1. Mengapa mereka melamar program studi ini,
  2. Bagaimana studi mereka di HBKU Qatar pada program studi yang dipilih, akan berkontribusi pada pencapaian tujuan pribadi mereka.
  3. Informasi tentang minat diri tentang program studi.
  4. Pencapaian prestasi serta penelitian pelamar dan kaitannya dengan program studi yang dipilih. 


  • Pelamar harus menyerahkan resume atau CV sebagai bagian dari pengajuan pendaftaran, termasuk prestasi akademik dan ekstrakurikuler seperti penghargaan yang pernah diraih, riwayat kepemimpinan, kegiatan sukarela, keterlibatannya dalam olahraga atau kegiatan relevan lainnya. Pelamar sangat dianjurkan untuk menyebutkan hobi dan bakat pribadi juga


  • Dokumen harus diterjemahkan ke Bahasa Arab atau Inggris. Untuk rekomendasi jasa terjemah resmi tersumpah murah, juga jasa pembuatan CV bahasa Arab dan Inggris untuk mendukung pendaftaran, silakan hubungi PENERJEMAH AN-NUR.


Prosedur Pendaftaran

Pendaftaran program beasiswa ini dibuka bagi mahasiswa asing sampai tanggal 1 Februari 2024. Pendaftaran dapat dilakukan melalui link DI SINI.

Setelah dinyatakan lolos seleksi berkas, akan ada sesi interview yang akan diberitahukan kemudian. Info lebih lanjut bisa dibaca Di Sini.

Demikian informasi seputar beasiswa S1 Hamad Bin Khalifa University, semoga bermanfaat.






[ klik disini 1X ] [ close ]