Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fully Funded Beasiswa S1 Seluruh Universitas Arab Saudi 2023 (UIM Madinah, UQU Mekkah, dll)

Beasiswatalk.com - Ada yang berbeda dengan pendaftaran universitas-universitas di Arab Saudi. Jika tahun-tahun sebelumnya, pendaftaran dibuka hanya untuk kampus tertentu dalam waktu yang beda, tahun ini pendaftaran beasiswa seluruh kampus bisa dilakukan hanya dalam satu portal, termasuk Universitas Islam Madinah, dan Universitas Ummul Quro Mekkah.



Pada 27 September 2022, Kementerian Pendidikan Kerajaan Arab Saudi meluncurkan platform ‘Study in Saudi’ (ادرس في السعودية) sebagai sebuah portal terintegrasi yang menyatukan seluruh portal pendaftaran mahasiswa internasional pada universitas-universitas negeri di seluruh Kerajaan Arab Saudi (KSA).

Pada Tahun 2023, Portal ‘Study in Saudi’ (ادرس في السعودية) ini dibuka pada 7 September 2023, dengan deadline pendaftaran 7 Desember 2023.

Dengan portal ini, seluruh pelajar dari 160 kewarganegaraan di dunia dapat dengan mudah dan terintegrasi mendaftar pada portal ini.

Cakupan Beasiswa
Adapun cakupan beasiswa yang diperoleh bagi pendaftar yang lolos adalah sebagai berikut sebagaimana rata-rata universitas di Arab Saudi lainnnya;
  • Gratis biaya kuliah
  • Tunjangan bulanan
  • Akomodasi dan asrama
  • Tiket pesawat pp
  • Subsidi makanan
  • Gratis biaya pengobatan dan layanan kesehatan
  • Tunjangan pengiriman buku ke negara asal
  • Tunjangan Prestasi
  • Kesempatan menjalankan ibadah umroh setiap saat
  • Kesempatan menjalankan ibadah haji setiap tahun 


Persyaratan Umum 

Berawal dari Dekrit nomor 94 tanggal 29/3/1431 H yang merupakan payung hukum atau regulasi yang mengatur terkait Penerimaan Mahasiswa Non-Saudi untuk masuk pada sistem lembaga Pendidikan Tinggi Negeri di Kerajaan Arab Saudi. Pada dekrit ini tertera jelas Persyaratan atau Eligilitas (kriteria layak) pendaftar dari kalangan Non Saudi, antara lain:
  1. Penerima beasiswa internal (minah dakhiliyah = Beasiswa siswa Non Saudi untuk yang telah mukim di dalam kerajaan, ditandai dengan pendaftaran menggunakan Iqomah) dan eksternal (minah kharijiyah = Beasiswa Siswa Non Saudi untuk yang berada di luar kerajaan wilayah Saudi, ditandai dengan pendaftaran menggunakan passport) 
  2. Usia pendaftar tidak boleh kurang dari 17 (tujuh belas) tahun dan tidak lebih dari 25 (dua puluh lima) tahun untuk jenjang sarjana dan Mahad Lughoh (program persiapan bahasa) atau yang setara, dan tidak lebih dari 30 (tiga puluh) tahun untuk jenjang master/magister, dan tidak lebih dari 35 (tiga puluh lima) tahun untuk tingkat jenjang doktoral.
  3. Pendaftar tidak sedang menerima beasiswa lain dari Kerajaan Arab Saudi (yang menyebabkan ia memiliki visa pelajar ke Arab Saudi).
  4. Pendaftar wajib bisa menunjukan Legalisir dari kementerian yang berwenang pada lembar (terjemahan) Ijazahnya apabila sudah diterima di salah satu kampus Arab Saudi.
  5. Tidak pernah diberhentikan dari salah satu lembaga pendidikan di Kerajaan.
  6. Lulus pemeriksaan kesehatan yang ditetapkan dalam peraturan dan petunjuk yang berlaku.
  7. Lembaga pendidikan (tujuan kampus) dapat meminta calon kandidat mahasiswa baru untuk mengumpulkan surat rekomendasi dari salah satu badan, lembaga atau tokoh yang ditentukan oleh lembaga pendidikan (tujuan kampus) tersebut, sebagai salah satu dari syarat pendaftaran.
  8. Mahasiswa Asing tidak diperkenankan untuk mengambil jurusan pada bidang Kesehatan, dan diminta untuk melakukan secara mandiri (tidak diwakilkan) dalam rangka pengisian formulir pendaftaran hanya pada portal yang disediakan pihak kampus.
  9. Terbuka bagi Putra dan Putri ; Pada umumnya, seluruh pembukaan pendaftaran mahasiswa baru internasional dari kalangan non saudi, turut terbuka untuk kalangan putra maupun putri. Pendaftaran yang hanya diperuntukan bagi kalangan putra saja diperuntukan pada pengajuan beasiswa untuk tujuan kampus Universitas Islam Madinah (UIM), yang memang merupakan kampus khusus Putra. Sebaliknya, di Riyadh terdapat kampus negeri yang khusus menerima Mahasiswi, bernama: Princess Nourah bint Abdulrahman University (PNU). 
  10. Pada satu nomor pengajuan (Roqm Tholab), Pendaftar dapat memilih 5 (lima) kampus sekaligus. Dan pada satu kampus, pendaftar dapat menentukan 3 (tiga) kuliyah/college (fakultas) pilihannya.

Persyaratan Dokumen 

Berkas-berkas yang dibutuhkan untuk diunggah pada situs web pendaftaran

✓ Dokumen Wajib

  1. Passpor
  2. Ijazah SMA/sederajat Asli
  3. Ijazah SMA/sederajat Terjemahan
  4. Transkrip Nilai Ijazah Asli
  5. Transkrip Nilai Ijazah Terjemahan
  6. Akte Lahir Asli
  7. Akte Lahir  Terjemahan
  8. SKCK Asli – Diterbitkan kurang dari 6 bulan.
  9. SKCK Terjemahan.
  10. Surat Keterangan Sehat – Diterbitkan kurang dari 6 bulan.
  11. Surat Keterangan Sehat Terjemahan
  12. Pas Foto (4 x 6) Latar Belakang warna bebas, usahakan putih. Khusus Pas Foto agar berformat JPG/PNG.
  13. Kartu Identitas atau Keterangan Profil Ayah (seperti KTP).
  14. Kartu Identitas atau Keterangan Profil Ibu (Mis. KTP)

✓ Dokumen Pendukung

  1. Surat Keterangan Kelakuan Baik (SKKB) Asli
  2. Surat Keterangan Kelakuan Baik  Terjemahan
  3. KTP Asli Pendaftar
  4. Sertifikat Skor Tes Bahasa Arab (Seperti Skor TOAFL dan sejenisnya)
  5. Dokumen / Sertifikat Tambahan Lain (Seperti Ijazah sanad hafalan, skor TOEFL/IELTs, Piagam Penghargaan dll)
  6. Surat Rekomendasi Tokoh atau Lembaga Asli
  7. Surat Rekomendasi Tokoh atau Lembaga  - Terjemahan
  8. CV atau data diri
✓ Seluruh dokumen yang tertanda wajib diterjemahkan ke bahasa Arab oleh terjemah resmi tersumpah. Untuk rekomendasi jasa terjemah resmi tersumpah murah, juga jasa pembuatan CV untuk mendukung pendaftaran, silakan hubungi PENERJEMAH AN-NUR.

✓ Berkas-berkas ini discan warna dengan format file: bmp, jpg, gif, png ataupun pdf. Berkapasitas masing-masing file maksimal 2 MB.

✓ Gabungkan file menjadi satu file PDF apabila dokumen terdiri atas beberapa berkas sekaligus (mis. Surat Rekomendasi dan Sertifikat Tambahan), kumpulkan sebanyak-banyaknya.

Prosedur Pendaftaran 

Perlu diketahui bahwa program pendaftaran ini berlangsung sampai tanggal 7 Desember 2023. Pendaftaran dilakukan secara online melalui portal https://studyinsaudi.moe.gov.sa/

Sebelum mendapaftar, pastikan untuk membaca pencerahan dan pedoman pada postingan tanya jawab beasiswa S1 Arab Saudi 2023.

Demikian informasi seputar beasiswa Arab Saudi jenjang S1, semoga bermanfaat.





[ klik disini 1X ] [ close ]