Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fully Funded Beasiswa S1 Najran University Arab Saudi 2021

 Beasiswatalk - Kuliah di Timur Tengah seakan sudah menjadi pamor bagi masyarakat muslim Indonesia. Lebih - lebih di Arab Saudi, pamor itu semakin besar seiring dengan besarnya keuntungan dan fasilitas yang disediakan oleh kerajaan Arab Saudi kepada para mahasiswanya. Tak heran jika setiap kali salah satu kampus Arab Saudi membuka pendaftaran, pasti selalu ramai dan diminati oleh para pencari ilmu, terutama ilmu agama.


Saat ini Najran University telah membuka pendaftaran untuk program kuliah S1. Universitas Najran terletak di pinggiran timur kota Najran. Universitas ini dibangun dan diresmikan pada tahun 2007 di atas lahan seluas 1.800 hektar dan merupakan kampus terluas di Arab Saudi. Terdapat dua komplek kampus pria dan wanita yang masing - masing berkapasitas 45.000 mahasiswa.
Baca juga Kumpulan Informasi Beasiswa Timur Tengah
Meskipun tergolong baru, Najran University sudah mulai menampakkan perkembangannya. Selain membuka dan menerima pendaftaran untuk mahasiswa asing untuk meningkatkan rangking universitas secara nasional, beberapa fasilitas dan sarana penunjang juga semakin lengkap. Gedung perkuliahan, asrama, kantin, perpustakaan, fasilitas olahraga (lapangan futsal, bulutangkis, kolam renang, dan lain - lain), pusat kesehatan dan sebagainya sudah dibangun secara serius oleh pemerintah Arab Saudi.

Program Beasiswa S1
Seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia, Najran University kian membuka peluang bagi mahasiswa asing non Arab untuk melanjutkan studi di sana. Beberapa pelajar dari Afrika, Eropa, Asia (termasuk Indonesia) sudah diterima dan menjalani perkuliahan di sana. Sayangnya, untuk saat ini pendaftaran online hanya dibuka bagi pelamar program S1 saja. Sedangkan pelamar yang ingin apply program pasca sarjana atau S2, disyaratkan untuk langsung datang ke kampus untuk menyerahkan berkas dan wawancara.

Sampai saat ini, Najran University sudah mempunyai 14 fakultas dan puluhan program studi yang terdiri dari fakultas keagamaan dan fakultas umum. Di antara fakultas agama adalam Fakultas Syariah dan Ushuluddin yang membidangi prodi Syariah dan Ushuluddin. Sedangkan untuk fakultas umum ada bahasa dan sastra Inggris, Arab, pendidikan bahasa Inggris, Arab, matematika, fisika, atau bisa Anda amati secara lengkap di sini. Dari 14 fakultas tersebut, khusus fakultas kedokteran hanya boleh dimasuki oleh warga Arab Saudi sendiri, itu artinya Anda tidak berkesempatan untuk mendaftar di fakultas tersebut.

Di Najran University tidak menyediakan I'dad Lughoh atau kelas persiapan bahasa Arab. Jadi bagi calon pelamar, menguasai bahasa Arab secara aktif maupun pasif sudah menjadi syarat mutlak untuk masuk. Ketika ternyata Anda diterima dalam pendaftaran online dan tidak mempunyai surat keterangan atau sertifikat kemampuan bahasa Arab, otomatis Anda tidak jadi diberangkatkan.

Terdapat program khusus untuk fakultas umum sebelum memulai belajar program S1, yakni harus mengikuti program sanah tahdhiriyyah selama satu tahun. Program ini bertujuan untuk memantapkan calon mahasiswa fakultas umum dalam kemampuan bahasa Inggris, matematika, dan sebagainya.

Cakupan Beasiswa
Adapun cakupan beasiswa yang diperoleh bagi pendaftar yang lolos adalah sebagai berikut sebagaimana rata-rata universitas di Arab Saudi lainnnya;

  • Gratis biaya kuliah
  • Tunjangan bulanan
  • Akomodasi dan asrama
  • Tiket pesawat pp
  • Subsidi makanan
  • Gratis biaya pengobatan dan layanan kesehatan
  • Tunjangan pengiriman buku ke negara asal
  • Tunjangan Prestasi

Persyaratan
  1. Usia pelamar tidak kurang dari 17 tahun dan tidak lebih dari 25 tahun
  2. Usia ijazah maksimal 5 tahun
  3. Pelamar belum pernah mendapatkan beasiswa di kampus Arab Saudi sebelumnya
  4. Pelamar belum pernah Drop Out (dikeluarkan) oleh salah satu kampus di Arab Saudi
  5. Bebas masuk di fakultas apapun kecuali fakultas kedokteran dan kesehatan
  6. Setelah dinyatakan lulus, pelamar tidak boleh mengganti fakultas maupun prodi yang telah ia pilih saat mendaftar pertama kali
  7. Mahir dalam bahasa Arab baik lisan maupun tulisan
  8. Khusus untuk pelamar (pelajar) putri, harus sudah mempunyai mahram yang tinggal di Arab Saudi, bisa suami, ayah atau keluarga yang bekerja di sana.

Persyaratan Berkas
Adapun berkas yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut:
  1. Paspor, beserta Formulir pendaftaran (DOWNLOAD DI SINI)
  2. Ijazah dan Transkrip nilai

Note :
  • Berkas tersebut dijadikan ke dalam dua file, dibuat dalam bentuk pdf. Nama file dibuat bahasa Inggris dengan ukuran maksimal 1 MB.
  • Untuk ijazah dan transkrip nilai harus diterjemahkan ke dalam bahasa Arab. Untuk rekomendasi penerjemah resmi ersumpah murah, baik Arab maupun Inggris, juga jasa pembuatan CV bahasa Arab dan Inggris plus desain, silakan hubungi Penerjemah an - Nur

Prosedur Pendaftaran
Perlu diketahui sebelumnya bahwa batas akhir pendaftaran program beasiswa ini adalah sampai tanggal 4 Maret 2021. Pendaftaran cukup dilakukan dengan cara mengupload berkas secara online melalui link di sini. Silakan lihat Tutorial Mendaftar Beasiswa Najran University sebagai panduan saat mendaftar. (Tutorial ini adalah versi lama. Cara pendaftaran versi terbaru mungkin sedikit berbeda)

Demikian informasi seputar beasiswa penuh S1 Najran University, semoga bermanfaat. Baca juga informasi penting dan menarik lainnya melalui jelajah peta situs di sini.
[ klik disini 1X ] [ close ]