Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Informasi Beasiswa Kursus Bahasa Mandarin di Taiwan Program HES 2021

Beasiswatalk.com - Bahasa Mandarin merupakan bahasa dengan penutur terbanyak ke dua di dunia. Bagi negara yang bahasanya bukan mandarin, kebutuhan untuk mempelajari bahasa ini juga semakin besar. Mulai dari kepentingan pendidikan, bisnis, atau memahami budaya.


Jika kamu tertarik untuk memperlajari bahasa Mandarin, ada kabar baik karena saat ini telah dibuka pendaftaran beasiswa untuk belajar Bahasa Mandarin di Taiwan. 

Program yang bertajuk Huayu Enrichment Scholarship (HES) ini merupakan program yang bertujuan untuk menyediakan kesempatan bagi pelajar internasional termasuk Indonesia untuk lebih memahami budaya dan masyarakat Taiwan serta mempromosikan interaksi dan pemahaman antara Taiwan dan masyarakat internasional.

Periode penerimaan beasiswa dari tanggal 1 September s/d 31 Agustus tahun berikutnya.


Cakupan Beasiswa

Dalam program ini, peserta yang lolos seleksi akan mendapatkan beasiswa berupa tunjangan senilai NT$ 25.000 (setara Rp 12,4 juta) setiap bulan. Dana tersebut telah meliputi biaya hidup bulanan serta uang pembayaran kursus. Untuk biaya visa, tiket pesawat, dan sebagainya ditanggung oleh peserta masing-masing, namun menurut penerima beasiswa HES sebelumnya, tunjangan bulanan yang diterima mampu menutupi biaya visa dan tiket yang dikeluarkan sebelumnya.


Persyaratan

Perlu diketahui bahwa untuk mendapatkan beasiswa HES ini, peserta harus terlebih dahulu mendaftar pada Pusat Pembelajaran Bahasa Mandarin. Adapun lembaga-lembaga yang dapat Anda tuju untuk kursus bahasa mandarin dapat dilihat di sini (klik website link setiap lembaga).

Setelah itu, peserta dapat mendaftar beasiswa HES dengan ketentuan persyaratan sebagai berikut:

  1. Berusia 18 tahun atau lebih.
  2. Minimal telah menyelesaikan SMA/SMK/Sederajat (D3, S1, dan di atasnya juga dapat melamar).
  3. Mempunyai prestasi akademik.
  4. Mempunyai karakter moral yang baik.
  5. Bukan merupakan warganegara Taiwan atau pemilik status Overseas Chinese Student.
  6. Saat ini tidak terdaftar sebagai pelajar pada Pusat Pembelajaran Bahasa Mandarin dan tidak pernah menjadi pelajar di universitas maupun perguruan tinggi manapun di Taiwan.
  7. Tidak pernah mendapatkan Beasiswa HES maupun Beasiswa Pemerintah Taiwan (MOE) sebelumnya.
  8. Sewaktu belajar di Taiwan, peserta bukan merupakan mahasiswa yang mengikuti pertukaran pelajar atau double degree yang merupakan program kerja sama antar universitas.
  9. Bukan merupakan penerima beasiswa lain atau subsidi yang diberikan oleh Pemerintah Taiwan atau institusi pendidikan lainnya di Taiwan.


Persyaratan Berkas

  1. Formulir Pendaftaran Beasiswa HES (DOWNLOAD).
  2. Fotocopy Pasport dan Kartu Keluarga.
  3. Fotocopy Ijazah dan Transkrip Nilai Pendidikan Terakhir dalam Bahasa Inggris atau Mandarin. Jika dokumen tidak dalam Bahasa Inggris atau Mandarin (misalnya Ijazah dan Transkrip Nilai masih dalam bahasa Indonesia), maka harus diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris atau Mandarin terlebih dulu dan dilegalisir. Apabila peserta merupakan lulusan dari luar negeri, maka ijazah dan transkrip perlu dilegalisir di kantor TETO di negara tersebut.
  4. Fotocopy formulir pendaftaran Language Center yang membuktikan bahwa peserta telah mendaftar ke Language Center di Taiwan.
  5. 2 (Dua) Surat Rekomendasi yang sudah ditandatangani dan tersegel rapat dalam amplop. Surat rekomendasi bisa berasal dari Kepala Sekolah, Dekan, Rektor, Profesor atau Supervisor. Tidak berlaku dalam bentuk email atau fotocopy.

NOTE: Semua berkas diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris atau Mandarin oleh penerjemah resmi tersumpah. Untuk rekomendasi penerjemah resmi tersumpah murah, baik bahasa Arab paupun Inggris, juga jasa pembuatan CV bahasa Arab/Inggris plus desain, selakan hubungi Penerjemah An-Nur di sini.



Prosedur Pendaftaran

Perlu diketahui bahwa batas akhir pendaftaran program beasiswa ini adalah sampai tanggal 31 Maret 2021. Sebagaimana tersebut di atas, langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mendaftar terlebih dahulu ke pusat pembelajaran bahasa mandarin melalui link di atas.

Selanjutnya lengkapi berkas dokumen yang disebutkan di atas beserta bukti formulir pendaftaran Language Center, dan kirimkan pada alamat berikut:

Kantor Taipei Economic and Trade Office (TETO)

Gedung Artha Graha Lt. 17,

Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53, SCBD

Jakarta – 12190

Tuliskan di amplop depan: “Pendaftaran Beasiswa HES”

Selain itu, peserta juga harus mengisi formulir online pada link berikut: bit.ly/daftarHES2021. Jika hanya mengirimkan dokumen persyaratan ke TETO tanpa mengisi formulir online, maka pendaftaran beasiswa tidak diterima oleh pihak TETO.TETO akan mengirimkan pengumuman beasiswa kepada masing-masing penerima beasiswa via email sebelum tanggal 11 Juni 2021.

Demikian informasi seputar beasiswa kursus bahasa mandari di Taiwan, semoga bermanfaat.

Sumber informasi: indbeasiswa.com