Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beasiswa S1 ABP Shizuoka University Jepang

Beasiswatalk - Bagi sebagian orang, berkuliah di luar negeri merupakan suatu kesempatan yang diidam-idamkan, terutama jika negara tujuannya adalah negara maju seperti Jepang. sebagaimana diketahui bahwa Jepang merupakan salah satu negara dengan kualitas pendidikan terbaik di dunia. Selain itu ada banyak keuntungan yang diperoleh jika berkuliah di Jepang.

Saat ini Shizuoka University membuka pendaftaran beasiswa S1. Universitas yang terletak di prefektur Shizuoka, Jepang ini terkenal di bidang teknik dalam inovasi kreatif dan dalam penemuan teknologi generasi berikutnya.
Bekerjasama dengan Asia Bridge Program (ABP) atau program kolaborasi industri - akademi, beasiswa ini khusus ditujukan bagi lulusan SMA sederajat dari Indonesia, Thailand, India, Vietnam dan Myanmar. 

Kurikulum program ABP Shizuoka University menekankan pada pendidikan antar disiplin yang seimbang fokus pada kombinasi keahlian teknis, kepiawaian dalam praktik bisnis, berfikir ilmiah dan keterampilan interpersonal. Para kandidat yang terpilih akan terhubung dengan berbagai perusahaan global melalui sejumlah kegiatan di dalam maupun luar kampus seperti magang, seminar, ceramah dan lokakarya yang diadakan oleh pakar bisnis dari berbagai perusahaan.

Selama 6 bulan pertama, para kandidat yang terpilih akan mendapatkan pelajaran intensif bahasa Jepang dan pelajaran dasar ABP. Kemudian pada 7 semester berikutnya atau selama tiga setengah tahun akan dilaksanakan pembelajaran dalam bahasa Jepang, kuliah umum dan program pembelajaran aktif ABP, magang di perusahaan Jepang serta proyek riset kelulusan.

Adapun pilihan fakultas yang tersedia dalam program ABP Shizuoka University adalah;
Humanities

  • Faculty of Humanities and Social Sciences
  • Faculty of Education
  • Faculty of Informatics (Departement of Socio Information Studies)

Science and Technology

  • Faculty of Informatics (Department of Computer Science, Department of Behavior Informatics)
  • Faculty of Science
  • Faculty of Engineering
  • Faculty of Agriculture

Cakupan Beasiswa
Adapun beasiswa yang akan diperoleh bagi kandidat yang lolos seleksi adalah;

  • Bebas biaya pendaftaran dan biaya masuk
  • Gratis biaya perkuliahan untuk tahun pertama. Sedangkan untuk tahun kedua hingga keempat, terdapat potongan biaya perkuliahan mulai dari 50% hingga 100% tergantung dari penilaian tahunan terhadap prestasi akademik. 
  • Uang saku bulanan pada tahun pertama serta peluang pendanaan lain yang disponsori pemerintah dan perusahaan.
Selain itu program ABP juga menawarkan konseling dari tahun pertama kuliah bagi penerima beasiswa untuk membangun jalur karir yang jelas setelah lulus nantinya.

Persyaratan
Adapun persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendaftar program beasiswa ini adalah;

  1. Bukan merupakan warga negara Jepang
  2. Merupakan warga lima negara (Indonesia, Thailand, India, Vietnam atau Myanmar).
  3. Berusia minimal 18 tahun baru tanggal 30 September 2020
  4. Pelamar mampu mendapatkan status kependudukan yang sesuai untuk bisa mendaftar ke Universitas di Jepang sesuai dengan peraturan imigrasi Jepang.
  5. Memenuhi salah satu persyaratan berikut;

  • Telah menyelesaikan studi SMA di 5 negara diatas. Terbuka juga peluang bagi pelajar SMA yang akan lulus di tahun 2020 atau saat ini sedang menduduki kelas 12
  • Telah lulus ujian nasional atau ujian kualifikasi lainnya yang setara dengan IB (International baccalaureate) di negara asal.

Prosedur Pendaftaran
Perlu diketahui bahwasanya pendaftaran program beasiswa ABP Shizuoka University ini akan berakhir pada tanggal 29 November 2019. Pelamar harus mendaftarkan diri pada website resmi https://www.abp.icsu.shizuoka.ac.jp/eng/undergraduate/admissions/

Adapun dokumen dan berkas yang harus disiapkan adalah sebagai berikut;

  1. Essay dalam bahasa Jepang format PDF dengan panjang 500 kata yang berisi penjelasan motivasi melamar beasiswa, bidang akademik yang diminati, serta jalur karir yang diinginkan setelah menyelesaikan studi.
  2. Pas foto terbaru dengan ukuran 35 mm * 45 mm
  3. Transkrip akademik pada kelas 10, 11 dan 12. Apabila sudah ada lampirkan juga salinan hasil akhir Ujian Nasional
  4. Salinan ijazah SMA
  5. Hasil tes EJU atau ujian masuk universitas di Jepang bagi pelamar internasional (lihat informasi tes EJU)
  6. Hasil tes kecakapan bahasa Inggris seperti TOEFL, IELTS dan TOEILC
  7. Hasil tes JLPT (Japanese-Language Proficiency Test). Ini diwajibkan bagi pelamar yang belum ngambil tes EJU.
  8. Form persetujuan bagi pelamar yang merupakan karyawan atau pegawai perusahaan. (Download form di sini)

Demikian informasi tentang beasiswa S1 ABP Shizuoka University Jepang, semoga bermanfaat. Baca juga informasi penting dan menarik lainnya melalui jelajah peta situs di sini.

[ klik disini 1X ] [ close ]